Kamis, 25 Juni 2020

Bersama Masyarakat, Prajurit TNI Ini Bahu-membahu Membuat Pondasi Tempat Air Bersih


BN Online, Pasangkayu--Bertempat di Dusun Lariang, Desa Batumatoru, Kecamatan Lariang, Kabupaten Pasangkayu, Prajurit TNI yang bertugas sebagai Babinsa di Koramil 1427-03/Bambaloka (Blk) Serda Raipuddin melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos), Kamis (25/06-2020).

Dalam Komsos tersebut, Raipuddin juga menyempatkan diri bahu-membahu bersama Masyarakat membuat pondasi tempat air bersih untuk warga.

Turut serta diantaranya Babinsa Koramil 1427-03/Blk Serda Rapiuddin, Tokoh Masyarakat (Tomas) Muh Ali, Kepala Dusun (Kadus) Lariang Wasman dan salah seorang warga Dusun Lariang Anto.

Saat diwawancarai, Serda Raipuddin menjelaskan bahwa selama ini akibat seringnya diguyur hujan dan meluapnya sungai lariang, Wilayah Kecamatan Lariang sering mengalami banjir hingga mengakibatkan persediaan air bersih menjadi langkah.

"Akibat banjir, manfaat sumur resapan sudah terkontaminasi dengan air dari banjir yang melanda sehingga pentingnya membuat penampungan air bersih bagi warga sekitar," ungkapnya.


Raipuddin juga mengatakan bahwa sesuai informasi yang didapatkannya dari warga sekitar bahwa pada waktu masuk musim kemarau, dengan curah hujan rendah terjadi kekeringan dan kekurangan air, dari dua kasus ini hingga dirinya menganggap pembuatan penampungan air bersih sangatlah penting fungsinya.

"Kegunaan penampungan air sangat banyak fungsi dan kegunaannya. Disamping menampung kelebihan air jika hujan, jiga sebagai tempat penyimpanan cadangan air saat musim kemarau, dan berpengaruh untuk membantu mengembangkan keseimbangan alam," tuturnya.

Selain itu, Raipuddin juga menjelaskan bahwa kehadiran dirinya ditengah-tengah Masyarakat adalah salah satu bentuk upaya TNI dalam mendekatkan diri kepada Masyarakat. Dan menurutnya, kehadirannya tidak lain untuk mengabdikan diri kepada Masyarakat dan Negara.

"Kami prajurit TNI telah dibekali pemahaman tentang pentingnya membangun kebersamaan dengan Masyarakat dalam membangun dan menjaga kedamaian di sekitarnya," tutupnya. (E Syam)


Editor : | BN Online | Dny