Rabu, 22 Juli 2020

Brimob Polda Sulsel Tak Kenal Lelah Terus Membantu Warga Masamba Bersihkan Rumah Pasca Banjir


BN Online, Masamba---Hari Ke 9 pasca banjir bandang yang melanda Kabupaten luwu Utara yang mengakibatkan rumah warga dan falisitas umum serta rumah ibadah tidak dapat digunakan Personel Satgas Penanggulangan Bencana Satbrimob Polda Sulsel terus berupaya memberikan bantuan tenaga.

Melihat kondisi tersebut Tim SAR Satbrimob Polda Sulsel terus difokuskan untuk mengangkat sisa sisa banjir bandang seperti Lumpur yang masih mengendap dan bongkahan kayu dan sampah yang berserakan dirumah-rumah warga serta membantu masyarakat untuk mengevakuasi barang-barang yang masih bisa digunakan.

Kali ini Kamis (22/07/2020) pagi, Tim SAR Satbrimob Polda Sulsel dipimpin  Ipda Muh. Fadly melaksanakan kegiatan Bhakti Brimob di salah satu rumah warga yang berlokasi di Jalan Lesangi kelurahan Bone, Kecamatan Masamba yang sangat memprihatinkan karena dipenuhi endapan lumpur setinggi betis orang dewasa dan potongan kayu sisa banjir bandang yang memerjang beberapa hari yang lalu.

Koordinator Satgas Penanggulangan bencana Batalyon A Pelopor Ipda Muh. Fadly, mengungkapkan, pihaknya telah mendapatkan tugas untuk membantu warga untuk membersihkan sampah dan lumpur yang masih ada di rumah warga serta membantu untuk mengevakuasi barang - barang yang masih bisa digunakan.

Untuk proses pembersihan sendiri " melibatkan 15 personel dan sudah dibagi tugas masing, ada yang bertugas membersihkan lumpur dan ada yang bertugas untuk membantu mengevakuasi" ucap Fadly.

" personel menggunakan skop dan gerobak untuk mengangkat lumpur yang mengendap" tambah Fadly


Selain di lokasi ini, personel brimob juga dikerahkan di titik banjir lainnya di kelurahan bone.

Saat ditemui dilokasi Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis menyampaikan Kegiatan Bhakti Brimob difokuskan untuk membantu warga untuk mengevakuasi barang - barang milik warga yang masih bisa digunakan, selain dirumah warga. 

"setelah proses evakuasi barulah tim akan mengangkat lumpur - lumpur yang mengendap" Ujar Muhammad Anis.

" Kegiatan pembersihan juga melibatkan berbagai element seperti dari TNI, PMI Dan Relawan Lainnya, Kita juga telah mendirikan tenda tenda pengungsi yang sebelumnya telah di semprotkan disinfektan untuk mencegah kembali penyebaran covid-19 di tempat pengungsi, selain itu kami kami juga menyiapkan makanan untuk korban banjir bandang dengan mengoperasikan mobil dapur lapangan yang kita miliki. Jadi nanti saya minta seluruh personel Satbrimob Polda Sulsel untuk menunjukkan bhakti brimob untuk masyarakat". Ungkap Muhammad Anis

"Ini semua merupakan wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat, yang akan selalu kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa Polri khusunya Brimob akan selalu hadir untuk masyarakat". Pungkas Muhammad Anis.


Dilokasi berbeda Danyon A Pelopor AKBP Darminto menyampaikan "Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada laporan mengenai kendala personel dilapangan, ya biasa namanya kita bekerja seperti itu, peralatan yang kurang tapi kita berupaya semaksimal mungkin, lumpur-lumpur, sampah-sampah yang ada kita angkut," Ucap Darminto

“ Kegiatan yang meraka lakukan merupakan aksi nyata Bhakti Brimob Untuk masyarakat, dimana Personel Brimob Polda Sulsel bersama TNI dan Relawan lainnya bergotong royong membersihkan sisa sisa banjir,”ungkapnya

“ Kami akan terus memberikan bantuan kepada masyarakat, selain bantuan tenaga kami juga mengirimkan awak Dapur Lapangan untuk menyediakan makanan Pagi, Siang dan Malam Kepada Masyarakat yang terkena musibah banjir bandang ini, itu semata mata wujud Bhakti Brimob Kepada Masyarakat

Darminto berharap dengan adanya Kegiatan Bhakti Sosial yang dilaksanakan oleh pihaknya ini dimaksudkan, tak lain agar situasi dan kondisi kembali normal tanpa adanya gangguan dari dampak bajir tersebut.

 “Hal ini untuk meringankan warga agar kembali beraktifitas seperti sediakala, ini merupakan wujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” jelas Darminto.(Mk)


Editor : | BN Online | Dny