Kamis, 23 Juli 2020

Dengan Aplikasi Google Form, SMA Kartika XX-I Makassar Gelar Workshop Penilaian Daring

Tags

Kamis, 23/07/2020 10:58. Wita

Drs. Aminuddin Mustafa, SH., MH., MM

BN Online, Makassar -- Saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah saat ini telah mengambil kebijakan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah atau lebih dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui aplikasi yang telah di siapkan oleh pihak sekolah, Kamis (23/07/2020).

Kondisi tersebut membuat perencanaan pembelajaran yang secara Daring ini dibuat harus betul - betul matang. Akan tetapi, semua harus tetap dijalani dan dikerjakan sebagaimana mestinya, seperti yang saat ini sedang di lakukan SMA Kartika XX-I Makassar.

Sekolah yang letaknya di Jl. Sungai Tangka No.13 Kel. Sawerigading Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar yang dikelola oleh Yayasan Kartika Jaya Cabang XX-I Wirabuana yang menggelar workshop penilaian Daring dengan menggunakan aplikasi Geogle Form kepada para guru pengajarnya.

Di temui diruang kantornya, kepala sekolah SMA Kartika XX-I Makassar
Drs.Aminuddin Mustafa,SH.,MH.,MM., mengatakan,kegiatan ini sangat penting kami lakukan. Sebab, ini terkait masalah pembelajaran secara Daring untuk tahun ajaran 2020/2021, jadi harus betul - betul matang dan semuanya siap.

Di mana dalam kegiatan ini yang kami bahas antara lain yaitu mulai pada proses pembelajaran-nya sampai kepada proses penilaian. Termasuk didalam-nya absensi peserta didik, ucapnya.

Olehnya itu, workshop penilaian Daring dengan aplikasi Geogle Form ini, sekolah diminta mempersiapkan dan mematangkan kemampuan guru untuk pembelajaran Daring atau biasa di sebut jarak jauh. "Sebab kita siap menyongsong tahun ajaran baru 2020/2021 ini dengan baik".

Terkait hal itu, SMA Kartika XXI Makassar memberikan pelatihan kepada para guru pengajarnya dengan pengoptimalisasi pemanfaatan WhatsApp grub. Juga pemanfaatan website sekolah untuk pembelajaran daring guru ke siswa(i). Untuk itu di adakan terlebih dahulu peningkatan kompetensi guru sebelum pelaksanaan pembelajaran secara Daring kepada siswa(i) nantinya, imbuhnya.

Drs. Aminuddin Mustafa, SH., MH., MM., selaku kepala sekolah berharap, kegiatan ini bisa menjadi mamfaat bagi para guru pengajar SMA Kartika XX-I Makassar dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan secara Daring.

"Di tahun ajaran 2020/2021 ini, kami punya target siswa(i) sebanyak 9 Rombel dan mudah - mudahan semua itu bisa terwujudkan dan semoga saja dalam proses pembelajaran Daring ini jaringannya bagus. Sebab, dalam pelaksanaan pembelajaran Daring kendalanya yaitu jaringan".

Tapi semua itu tidak menjadi masalah karna semua pasti ada solusinya. Kendati begitu kami berharap untuk kedepan tidak ada masalah, sehingg apa yang menjadi harapan untuk kita semua bisa kita liat secara nyata dengan adanya prestasi siswa.

Sekali lagi semoga saja Covid-19 cepat berakhir. Sehingga, siswa(i) bisa kembali melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah dengan bertatap muka langsung, tutup Aminuddin.

Editor//BN Online//Ilham