Minggu, 19 Juli 2020

Wow, Kabupaten Pasangkayu Menjadi Tempat Study Banding Pemkab Bolmut?


BN Online, Pasangkayu---Berbicara soal pengelolaan tambak, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar tak mau kalah. Dibawah kepemimpinan DR Ir H Agus Ambo Djiwa,MP sebagai Bupati Dua (2) periode, Kabupaten Pasangkayu melaju sangat pesat dan beberapa penghargaan pun berhasil di gaetnya.

Kali ini, Kabupaten Pasangkayu kembali menunjukkan eksistensinya. Dimana Dipimpin langsung oleh Bupatinya, Depri Pontoh, rombongan Pemkab Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyambangi Kabupaten paling Utara di Sulbar ini untuk study banding, Sabtu 18 Juli 2020.

Nampak ikut dalam rombongan, Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, Ketua dan Anggota DPRD Bolmut, serta sejumlah kepala OPD nya.

Dalam kunjungannya, rombongan Pemkab Bolmut disambut langsung oleh Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa, di rumah jabatan bupati dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Turut mendampingi, Wakil Bupati Muhammad Saal, Sekkab Pasangkayu Firman, Ketua DPRD, unsur pimpinan Forkopimda, serta sejumlah kepala OPD.


Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan, kunjungannya di kabupaten Pasangkayu ini dalam rangka study banding pengolahan tambak udang vaname. Jadi bahan masukan bagi pihaknya dalam kebijakan pengembangan tambak serupa di Bolmut.

" Potensi tambak antara Pasangkayu dan daerah saya hampir sama. Namun disana rata-rata masih dikelola secara tradisional. Saya datang kesini untuk melihat, belajar, kemudian akan mempratktekan. Sebanyak 62 desa didaerah kami berada diwilayah pesisir," ungkapnya.

Lanjut dia, selain study banding, kunjungannya juga dalam rangka mempererat silaturahim antar sesama Pemkab yang ada diwilayah utara. Ia pun berharap Pemkab Pasangkayu dapat melakukan kunjungan balasan nantinya.

Sementara itu, Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa mengapresiasi kunjungan rombongan Bupati Bolmut ini. Sebagai ajang saling bertukar pengetahuan terkait upaya pengembangan SDA dan SDM masing-masing wilayah.


Sambung dia, potensi tambak di Pasangkayu sendiri mencapai 13.000 hektar lebih. Sebagian tambak telah dikelola secara intensif. Hasilnyapun selain untuk memenuhi kebutuhan lokal, juga telah diekspor.

" Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bolaang Mongondow Utara dan rombongan yang telah berkesempatan mengunjungi Pasangkayu. Ini merupakan ajang saling berbagi untuk pengembangan sumber daya di masing- masing kabupaten" ujarnya.

Usai, tatap muka di rumah jabatan, rombongan Pemkab Bolmut kemudian diajak mengunjungi tambak vaname yang ada di Kecamatan Bambalamotu  dan Kecamatan Sarjo. (E Syam)


Editor : | BN Online | Dny