Minggu, 09 Agustus 2020

Bupati Luwu Utara Apresiasi Program Kemanusiaan ACT untuk Banjir Bandang


BN Online, Luwu Utara---Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama komponen Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) melakukan pertemuan dengan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani di ruang kerja Kantor Bupati. Selain bersilaturrahmi, pertemuan keduanya juga membahas tentang kondisi pasca tanggap darurat bencana banjir bandang, Ahad (09/08-2020).

Banjir bandang yang menerjang enam kecamatan di Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada Senin (13/7) lalu membuat sejumlah infrastruktur rusak, termasuk rumah warga yang hanyut, terendam lumpur dan rusak berat sehingga menimbulkan korban jiwa serta puluhan ribu warga terpaksa mengungsi ke sejumlah tempat.

Dihadapan Bupati, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Selatan Catherin Imran memaparkan konsep ACT dalam menangani bencana yang menganut prinsip Total Disaster Management (TDM).

“Untuk penanganan banjir bandang di Kab. Luwu Utara, kami menerapkan Total Disaster Management, mulai dari fase tanggap darurat hingga pemulihan." ujarnya.

Catherin juga menambahkan bahwa ACT turut serta menghadirkan Humanity Food Truck untuk melayani para pengungsi, berupa truk yang dapat menyediakan ribuan porsi makanan gratis yang didatangkan langsung dari Wakaf Distribution Center ACT yang berlokasi di Bogor.

“Hingga kini, sudah 7 hari Humanity Food Truck ACT beroperasi dan kedepannya akan terus membersamai warga terdampak selama dibutuhkan. Ketika terjadi bencana kemanusiaan, fokus kami untuk melayani secara total. Dengan adanya truk ini semoga bisa dimanfaatkan untuk membahagiakan masyarakat yang terdampak, apalagi truk ini sekali masak bisa seribu porsi dan menunya standar hotel bintang lima.” Tambahnya

Sementara itu, Bupati Indah yang mendengar pemaparan tim ACT merasa terharu dan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua relawan serta sahabat dermawan yang telah memberikan perhatian kepada Kab. Luwu Utara.

“Sejak awal terjadinya bencana hingga kini, kami merasakan betul kehadiran teman-teman ACT sangat membantu pemerintah dan masyarakat Luwu Utara khususnya di masa tanggap darurat banjir bandang yang melanda wilayah kami beberapa pekan yang lalu. Kami juga berharap kolaborasi ini dapat terus kita sinergikan di masa mendatang termasuk di masa recovery atau pemulihan pasca banjir bandang. Dan kami ucapkan terima kasih kepada para donatur, orang-orang baik yang menyalurkan perhatian baik berupa donasi dan doa melalui ACT.” ucapnya.


Editor : | BN Online | Dny