Kamis, 10 September 2020

Pj. Wali Kota Prof. Rudy Hadiri Pencanangan Gerakan Trisula

Tags


BN Online, Makassar--Berbagai upaya pencegahan Covid19 terus dilakukan, guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid19. Salah satu langkah yang kini ditempuh yakni dengan gerakan program Trisula (Tracing, Testing, dan Educating). Gerakan program ini terdiri dari 3 langkah untuk menekan laju pandemi Covid-19 di Sulsel.

Yang pertama, pelacakan massif (massive tracing), kedua pengujian secara agresif (aggressive testing) serta ketiga adalah edukasi pelaksanaan protokol kesehatan.

Pj Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin yang hadir bersama Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah dalam pencanangan gerakan Trisula yang digelar di Lapangan Karebosi, Kamis (10/9/2020), melakukan peninjauan secara langsung 2 unit mobil PCR yang akan dioperasikan sebagai bagian dari upaya pemutusan rantai Covid19.

Kedua unit kendaraan tersebut, salah satunya akan difokuskan untuj kota Makassar, sedangkan satu unit lainnya akan digunakan di kabupaten/kota lainnya yang ada di Sulawesi Selatan.

Selain itu, telah tersedia pula 12 fasilitas laboratorium, yang akan digunakan untuk memassifkan upaya pencegahan Covid19.

Pencanangan Gerakan Trisula sebagai wujud komitmen bersama Gubernur Sulsel, Panglima Kodam XIV Hasanuddin,Mayjen TNI Andi Sumangerukka, dan Kapolda Sulsel Merdisyam, serta Pemerintah Daerah, untuk kompak massifkan gerakan pemutusan rantau Covid19.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, menjelaskan, untuk saat ini Pemprov Sulsel bersama Pemda kabupaten kota se-Sulsel sudah memiliki 12 laboratorium dan 2 mobil PCR khusus untuk Covid-19.

“Jadi ini kita sudah punya 12 laboratorium, dari 3 kemudian menjadi 7, dan sekarang sudah 12 di Sulsel, ditambah lagi 2 mobil PCR, ini milik pemerintah provinsi,” ungkapnya saat Pencanangan Gerakan Trisula.

Pada kesempatan tersebut, Nurdin Abdullah, menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota TNI, Kepolisian, OPD lingkup Pemprov Sulsel dan seluruh tenaga kesehatan baik dokter, perawat dan tenaga laboratorium.

“Saya ingin menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota TNI Bapak Pangdam, seluruh anggota kepolisian dan Bapak Kapolda Sulsel. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pejuang yang telah menghadapi Covid-19 di Sulsel,” ucapnya.