Jumat, 11 September 2020

SMP Astra Makmur Jaya Mengembangkan Lidi Kelapa Sawit Menjadi Kerajinan Tangan


BN Online, Pasangkayu--Salah satu pembeda SMP Astra Makumur Jaya ( AMJ ) PT .Letawa dengan sekolah lain yang ada di Kabupaten Pasangkayu adalah kesadaran dewan guru yang menyakini bahwa semua siswa siswi yang sekolah di SMP AMJ adalah istimewa . Semua punya terlahir dengan kelebihannya masing masing.

Dipimpin oleh guru muda , Adi Dasuki , SMP AMJ terus bergerak maju memajukan dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Pasangkayu.  SMP AMJ juga menjadi sekolah di lingkungan Kabupaten Pasangkayu yang memiliki jam untuk pengembangan diri siswa/siswi lebih banyak dari sekolah umumnya. Baik pengembangan diri bidang olah raga , kesenian , pertanian , organisasi dan dasar dasar kepemimpinan maupun kegiatan – kegiatan yang sifatnya penelitian. Pihak sekolah memberi “panggung” yang luas untuk siswa siswi mengembangkan diri sesuai minat bakatnya masing masing.

SMP AMJ juga senantiasa membangun sinergitas dengan PT. Letawa selaku pembina dan pihak masyarakat sekitar sekolah.  Berkenaan dengan hal tersebut juga,  dengan melihat beberapa potensi ekonomi  yang ada di sekitar masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani kelapa sawit pihak SMP AMJ berinisiatif melakukan lomba kerajinan tangan berbahan dasar lidi kelapa sawit.  Di ambilnya lidi sawit sebagai bahan dasar lomba kerajinan karena , pertama bahan baku tersebut sangat melimpah di masyaraka, kedua ada potensi ekonomi yang cukup besar jika lidi lidi dimaksud diolah menjadi kerajinan tangan , ketiga pasar yang cukup terbuka karena selama ini banyak kerajinan tangan yang beredar di masyarakat berbahan baku rotan olahan , sementara keberadaan rotan sudah sulit dan fungsi tersebut bisa di ganti dengan lidi kelapa sawit.


Adi Dasuki menjelaskan “ Kami dari pihak sekolah melihat potensi lidi kelapa sawit selama ini hanya di buang saja di gawangan mati kebun masyarakat , sementara bahan tersebut sebenarnya bisa di buat kerajinan tangan dan bisa bernilai ekonomi “.

“Di Bali banyak piring piring di rumah makan terbuat dari lidi kelapa dalam , kalau lidi kelapa dalam saja bisa , sudah pasti lidi kelapa sawit juga bisa “, ujar Adi Dasuki. Karena itu Adi Dasuki berharap lomba kerajinan tangan yang di gagas bersama rekan rekan guru SMP AMJ tersebut  dapat membantu membuka kesadaran siswa siswi dan masyarakat  sekitar akan semua potensi yang ada di sekitar kita untuk di manfaatkan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, salah satunya lidi kelapa sawit. (E. Syam/*)


Editor : | BN Online | Dony