Sabtu, 23 Januari 2021

KPU Tetapkan Danny-Fatma Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Makassar 2021-2025

Tags



BN Online, Makassar -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar gelar Rapat Pleno Terbuka, Penentapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2021.


Moh. Ramdhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi akhirnya ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Makassar terpilih periode 2021-2025.


Pasangan "ADAMA ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, di Claro Hotel Makassar, Sabtu (23/01/2021) pagi.


Berita acara penetapan itu dibacakan oleh Komisioner KPU Makassar, Abdul Rahman. KPU menetapkan Danny Pomanto dan Fatmawati Rusdi sebagai pemenang setelah pasangan ini mendapat suara lebih banyak dalam Pilkada Kota Makassar dibanding tiga calon lainnya. Adapun suara yang diperolehan sebanyak 218.908 ribu atau 41,3 persen.


Rapat pleno dipimpin ketua dan diikuti oleh seluruh anggota KPU Kota Makassar, serta dihadiri oleh Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar, Partai Politik atau gabungan Partai Politik pengusul dan Bawaslu Kota Makassar.


"Menetapkan pasangan nomor urut 1, Mohammad Ramdhan Pomanto - Fatmawati Rusdi yang diusung oleh partai NasDem dan Gerinda sebagai pemenang Wali Kota dan Wakil Waliota Makassar terpilih dalam pilkada 2020", kata Abdul Rahman.


Setelah ditetapkan sebagai pemenang, Danny Pomanto mengaku sangat berterima kasih kepada seluruh komisioner KPU yang telah mengawal Pilwalkot Makassar hingga berjalan tanpa kendala. Hal ini merupakan sejarah luar biasa sebab sebelumnya Makassar masuk zona merah Pilkada.


"Hari ini kita buktikan Makassar menjadi contoh demokrasi yang terbaik di Indonesia", ujar Danny Pomanto.


Sebelumnya, KPU Makassar telah mengumumkan perolehan suara hasil dari rekapitulasi di hotel Harper. Pasangan nomor urut satu Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi memperoleh 218.908 ribu suara dengan presentase 41,3 persen dan dinyatakan sebagai pemenang.


Diposisi perolehan suara kedua ditempati pasangan nomor urut 1, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) meraih sebanyak 184.094 ribu suara dengan persentase 34,7 persen.


Ditempat ketiga, pasangan nomor urut 3 Syamsu Rizal MI-Fadli Ananda (Dilan), memperoleh suara 100.869 ribu suara dengan presentase 19,0 persen. Suara pasangan ini tersebar di sejumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS).


Sedangkan perolehan suara pasangan nomor urut empat, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH (Imun) sebanyak 25.817 ribu, dengan presentase 4,9 persen tersebar hampir di semua TPS.(*/Andis)




Editor//BN Online//ILHO