Selasa, 16 Februari 2021

KKG Gugus III Kecamatan Manggala Gelar Bimtek AKM

Tags

Selasa,  2021/02/16 15:40. WITA

BN Online,Makassar --- Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus III se- Kecamatan Manggala Kota Makassar pagi tadi menyelenggarakan Bimtek Assesmen Kompetensi Minimum (AKM). Selasa ( 2021/02/16 ).


Pelaksanaan Bimbingan teknis AKM KKG Gugus III ini dipusatkan di UPT SPF SD Negeri Parinring jalan Tamangapa 3 Kelurahan Tamangapa Makassar dan dijadwalkan selama dua hari mulai hari ini, Selasa, tanggal 16-17 Februari 2021 dimulai pukul 10.00.WITA dan selesai 12.30 secara During / melalui aplikasi Microsoft Teams. Dalam kegiatan ini para peserta diharuskan mengikuti Prokes Covid-19.


"Melalui kegiatan KKG Gugus III diharapkan mampu meningkatkan proses pembelajaran yang lebih berkualitas bagi putra putri tunas bangsa".


Dari pengamatan media ini di lokasi, tercatat jumlah peserta yang hadir sebanyak 21 orang guru 6 Kepsek yang berasal dari 6 sekolah dasar negeri, swasta yakni, UPT SPF SDN. Kassi, SDI.Kassi, SDI.Tamangapa, SD Inpres Kajenjeng, SDN.Parinring dan SD Kresten Methodist.


Demi kelancaran kegiatan ini dipandu oleh H.Abl Razak, S.Pd selaku moderator dari Kepala UPT SPF SD Inpres Tamangapa dan Adapun bertindak sebagai narasumber di bawakan oleh. Dra. Hj. Singara. MM, selaku pengawas pendidikan dasar Wilayah Kecamatan Manggala dan Syahrina. S.Pd,  selaku guru kelas dari SDN. Borong.



Usai Bimtek tahap pertama, Dra. Hj. Singara, MM. Menjelaskan, ada beberapa materi yang telah dibahas diantaranya, Materi Teknik dan Sistematika Pelaksanaan (PJJ) Pembelajaran Jarak Jauh, Siosialisasi Tengah AKM dan  juga pembahasan Persiapan pembentukan Ketua KKG Gugus III baru yang sebentar lagi akan habis masa kepengurusannya.


Lanjutnya, dimasa pandemi ini tentu telah merubah segalanya yang berkaitan dengan sistem pembelajaran dari tatap muka ke PJJ. Karna itu kami melihat berbagai latar belakang pelaksanaan PJJ mulai dari objek PJJ dimulai dari siswa sendiri, pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PJJ para guru, orang tua, masyarakat dan pemerintah sebagai pihak penyelenggara pendidikan. 


"Mendengar serta penyampaian ragam penugasan yang selama ini dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran. Interaksi guru dan siswa berupa intensitas proses pembelajaran materi apa yang bisa disampaikan dalam kegiatan PJJ.".Bebernya.



Sementara itu, Hj. Sukaerah, KA UPT SPF SDN. Parinring, sekaligus mewakili Kepsek di Gugus III menjelaskan dalam Bimtek ini dibahas prinsip-prinsip pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, langkah-langkah yang harus dipersiapkan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran diantaranya adalah mempersiapkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari 3 perangkat, yaitu RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik, dan Evaluasi) yang sudah tersedia dan bisa diakses dalam laman portal pembelajaran.


"Olehnya itu kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan KKG di Gugus III mulai dari pengurus selaku penyelenggara kegiatan dan peserta yang diharapkan mampu mengaplikasikan materi yang disampaikan narasumber,". Ucapnya.


Untuk selanjutnya kata Hj. Sukaerah sesuai dengan jadwal selama dua hari kegiatan Bimtek ini dapat dilaksanakan dengan baik dan bisa disesuaikan dengan kondisi saat ini maka diharapkan adanya inovasi dari guru dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi ini.


Ditempat yang sama Ketua Gugus III, Hj. Hamsinah. S, Pd. Kepala UPT SPF SD Inpres Kajenjeng menghimbau kepada seluruh peserta KKG untuk mengikuti Bimtek AKM dengan baik serta mengaplikasikan semua materi yang disampaikan oleh pemateri. "Para peserta tetap berinovasi di era pandemi, dengan maju bersama agar sukses bersama,". Pungkasnya (Sy@h..).