Kamis, 04 Maret 2021

Satpol PP Makassar Bersama Tim Gabungan TNI Polri, Kejaksaan dan Stakeholder Gelar Penertiban PK5 di Pasar Toddopuli

Tags

Rabu, 2021/03/04 13:19.Wita.


BN Online, Makassar -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar bersama tim gabungan dari TNI, Polri, Kejaksaan dan seluruh stakeholder yang tergabung hari ini melaksanakan penertiban Pedagang Kaki Lima (PK5) di pasar toddopuli, Kamis (04/03/2021).


Kegiatan penertiban PK5 ini dilaksanakan di Jl. Toddopuli Raya sekitar lokasi Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Sekitar ratusan anggota diturunkan yang melibatkan seluruh stakeholder.



Abdul Muis selaku Wakapolsek Panakkukang yang sempat di wawancarai oleh awak media ini mengatakan, kegiatan ini kami lakukan bersama mulai pada pukul 10.00 Wita Pagi sampai selesai.


Menurutnya, sebelum kegiatan penertiban ini dilakukan pihaknya bersama tim gabungan dari Satpol PP, TNI dan seluruh stakeholder yang tergabung telah berkordinasi dengan pemilik (pedagang) yang berjualan dilokasi.


"Sejauh ini kami bersama tim gabungan juga membantu warga yang mempunyai jualan membantu mengangkat dagangan-nya. Alhamdulillah pemilik (pedagang) yang di tertibkan mengikuti arahan dari tim untuk sama - sama membantu membersihakan lapaknya", ucapnya.



Iman Hud selaku Kasat Pol PP Kota Makassar menjelaskan, lokasi yang di tertibkan ini masuk dalam Fasilitas Umum (Fasum). Selain itu masyarakat yang mempunyai ruko juga mengkomplain dengan adanya aktifitas (berjualan) di depan rukonya makanya ditertibkan.


"Kami sudah melakukan pendekatan secara persuasif kepada mereka (PKL), dan juga berkoordinasi dengan pihak terkait. Mulai dari Dinas Perhubungan, Kejari, polres Polsek, DLHD,, Koramil, PD Pasar, lurah serta camat,". Bebernya



Ia juga menambahkan, sebenarnya ada lokasi yang telah disiapkan oleh pemerintah. Pedagang yang berjualan di bagian dalam juga mengeluh. Sebab, omset mereka berkurang selama adanya pedagang yang berjualan di luar, padahal pemerintah sudah siapkan lokasi.


"Lapak pedagang kaki lima (PK5) di lokasi yang ditertibkan itu juga terlalu mepet ke bahu jalan, sehingga mengganggu kelancaran arus lalulintas,". Tutupnya.


Beberapa masyarakat berharap agar penertiban yang dilakukan ini merata, jangan ada timbang pilih. ( Sy@h..)


Editor / BN Makassar / Ilho