Minggu, 07 Maret 2021

UPT SPF SMP Negeri 46 Makassar Gelar Sosialisasi Program Adwiyata



BN Online, Makassar -- Unit pelaksana Tehnis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) SMP Negeri 46 Makassar baru - baru ini menggelar kegiatan sosialisasi program Adwiyata, Sabtu (27/02/2021).



Kepada awak media ini, Sri Dewi Lahafi, S.Pd., M.M., sebagai kepala sekolah SMP Negeri 46 Makassar mengatakan, sosialisasi ini sangat penting dilakukan. Sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Program Adiwiyata


Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mewujudkan Sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian, dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada sekolah, ujarnya.



Selain itu, untuk melaksanakan Program Adiwiyata di Sekolah sebagai Realisasi salah satu butir 18 Revolusi Pendidikan yang dicanangkan Pemerintah Kota Makassar. 


Sri Dewi Lahafi, S.Pd., M.M., juga menjelaskan, salah satu kegiatan peningkatan peran serta seluruh warga sekolah SMP Negeri 46 Makassar dalam pengendalian lingkungan hidup, yaitu pelaksanaan program Adiwiyata. Dimana sekolah adiwiyata itu adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, ucapnya.



Untuk mewujudkan semua itu, ada 4 Komponen utama yang harus dikembangkan oleh Sekolah Adiwiyata, yaitu:


1. Kebijakan berbasis lingkungan.


2. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif yang melibatkan seluruh warga sekolah utamanya para peserta didik.


3. Pembelajaran tentang lingkungan hidup yang memakai kurikulum berbasis lingkungan.


4. Sarana dan prasarana pengelolaan lingkungan.


Ia berharap, dengan program Adiwiyata ini, akan dapat memacu dan menginspirasi sekolah lain untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup, pungkas Sri Dewi Lahafi.(ILHO)



(Red)