Jumat, 04 Juni 2021

Persiapan PTM Terbatas, UPT SPF SMPN 1 Makassar Gelar Sosialisasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19



BN Online, Makassar--UPT SPF SMP Negeei 1 Makassar menggelar sosialisasi cara penanganan dan pencegahan Covid-19 bagi tim satgas khusus dalam rangka persiapan pembelajaran tatap muka terbatas tahun pelajaran 2021-2022


Lebih dari setahun kegiatan belajar mengajar berlangsung secara daring atau pembelajaran jarak jauh, akibat dari pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Setelah melalui pertimbangan yang matang, akhirnya pemerintah memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, mulai Juli 2021.


Selain itu, adapun persiapan yang dilakukan sebelum memulai PTM terbatas adalah membentuk tim satgas Covid-19, mempersiapkan prosedur operasional standar (POS) PTM terbatas, melakukan pemenuhan daftar periksa (menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun, melakukan kerja sama dengan Puskesmas, membeli thermo gun, pendataan penyakit bawaan warga sekolah, dst.), memperbanyak imbauan 4M di lingkungan sekolah, dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.


Saat ditemui awak media ini, Kamis (3/6-21), Suaib Ramli, S. Pd, M. Pd Selaku Kepala UPT mengatakan, dalam pembagian rombongan belajar, dibagi menjadi 3 shift yaitu pagi, siang dan sampai sore dengan jadwal per tingkat. 



"Senin-Kamis dan Sabtu untuk kelas VII jam 7: 30 s/d jam 10: 10, serta untuk kelas VIII jam 10;40 s/d jam 13;40 untuk kelas IX jam 14:10 s/d jam 16:50. Dalam satu minggu, siswa melakukan PTM terbatas dengan total 3 jam," urainya.


Jika dirasa skenario ini berjalan lancar dan aman, rencananya di tahun ajaran baru 2021/2022, UPT SPF SMPN 1 Makassar, langsung masuk ke pembelajaran tatap muka terbatas.


Untuk tahun ajaran baru, rencananya kami akan langsung masuk dari seluruh jumlah siswa akan mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas. 


"Kita tetap menggunakan sistem 1 kelas dibagi menjadi 2 ruangan. Karena ada 33 kelas ruangan belajar," ujar Kepala UPT SPF SMPN 1 Makassar, Suaib Ramli, S. Pd, M. Pd.