Selasa, 19 Oktober 2021

Tingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik, UPT SPF SDI Kelapa tiga 1 Makassar Laksanakan Simulasi ANBK



BN Online, Makassar -- UPT SPF SDI Kelapa Tiga 1 yang berlokasi di Kecamatan Rappocini Kota Makassar melaksanakan simulasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Selasa (19/10/2021).


Menurut Hj. Nahidha M, S.Pd., M.Pd., selaku kepala sekolah, simulasi ini kami gelar di salah satu ruang kelas dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes). "Sekitar 30 orang Peserta didik mengikuti ANBK yang di bagi beberapa sesi."


Salah satu tujuan ANBK ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dan mutu pendidikan. "Jadi, asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik," ucapnya.



Hj. Nahidha Mallapiang, S.Pd., M.Pd., lagi berkata, jadi hasil ANBK ini tak digunakan sebagai penentu kelulusan, tetapi bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa terkait dengan literasi dan numerasinya, ujarnya. 


Dijelaskannya, ANBK ini adalah program dari Kemendikbud untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, hasilnya dari asesmen ini akan dikembalikan kepada masing-masing sekolah untuk dijadikan bahan perbaikan kualitas satuan pendidikan dimasa depan.


Selanjutnya Hj. Nahidha M, S.Pd., M.Pd., menambahkan bahwa, sesuai petunjuk teknis ANBK diupayakan simulasi digelar selama dua atau sampai empat hari, jadwal simulasi digelar dua sesi perhari, simulasi dilakukan untuk mengevaluasi peserta didik sebelum pelaksanaan pada November 2021 mendatang, tutupnya.(ILHO)