Senin, 18 Oktober 2021

UPT SPF SD Inpres Andi Tonro Makassar Gelar Simulasi ANBK



BN Online, Makassar -- Hari ini UPT SPF SD Inpres Andi Tonro yang berlokasi di Kec. Tamalate Kota Makassar menggelar simulasi ANBK.


Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar hingga menengah, Senin (18/10/2021).


Dra. Hj. Ahkamah, M.M., selaku kepala sekolah mengatakan, salah satu tujuan dari ANBK ini adalah dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.


Selain itu adalah untuk untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid, ucapnya. 


Dra. Hj. Ahkamah, M.M., juga menjelaskan, simulai ini sangat penting sebab, mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.


Informasi - informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar, jelasnya. 


Olehnya itu, dengan adanya simulasi ANBK ini nantinya diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan utamanya di SD Inpres Andi Tonro Makassar agar lebih memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. Sehingga, dapat menciptakan generasi anak bangsa yang berkarakter, tutupnya.(ILHO)