Rabu, 17 November 2021

Bantaeng Raih Swasti Saba Wistara Keempat Tahun 2021

Tags


BN Online Bantaeng,--Berdasarkan radiogram Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia No. 440/5186/Bangda, Bupati Bantaeng beserta Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat (KKS) dan Forum Kabupaten Sehat Bantaeng diundang menghadiri Pertemuan Virtual dalam rangka Penganugerahan Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional, Rabu, 17 November 2021 bertempat di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng.


Dalam gelaran tahun ini, Kabupaten Bantaeng berhasil mempertahankan Predikat Swasti Saba Wistara Keempat di tahun 2021. Tahun ini Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Bantaeng mengusung 7 tatanan, yaitu:

1. Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasaranan Umum;

2. Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Sarana Pelayanan Transportasi;

3. Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat;

4. Kawasan Priwisata Sehat;

5. Ketahanan Pangan dan Gizi;

6. Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri;

7. Kehidupan Sosial yang Sehat.


Setelah melewati Seleksi Administrasi yang ketat, Kabupaten Bantaeng berkesempatan menjalani Verifikasi Lapangan KKS Tingkat Nasional tanggal 9-10 Oktober 2021.


Dalam rapat virtual, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI menjelaskan bahwa Peghargaan KKS Tingkat Nasional diberikan 2 tahun sekali, tahun 2021 diikuti oleh 155 Kabupaten/Kota tersebar di 23 Provinsi se-Indonesia. Setelah melalui berbagai tahapan penilaian keluar sebagai penerima penghargaan Swasti Saba Tahun 2021 sebagai berikut:


1. 3 Provinsi Terbaik Pembina yakni Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

2. 25 Kabupaten/Kota meraih Swasti Saba Wistara (termasuk Kabupaten Bantaeng)

3. 4 Kabupaten/Kota meraih Swasti Saba Wiwerda, dan

4. 7 Kabupaten/Kota meraih Swasti Saba Padapa.


Penghargaan Swasti Saba Wistara keempat bagi Kabupaten Bantaeng ini, diterima langsung secara virtual oleh Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si 


Mendampingi Bapak Bupati Bantaeng, Kadis Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan, M.Kes, mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian ini saat ditemui di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng.


“Syukur Alhamdulillah, hari ini kita kembali meraih Swasti Saba Wistara keempat, Level Penghargaan Tertinggi dalam Pengelolaan Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia. Capaian ini adalah buah dari sinergitas dari seluruh stakeholder terkait dalam pembinaan KKS serta Forum KKS Kabupaten, Kecamatan  hingga ke tingkat Desa yang telah bekerja sangat luar biasa dalam meningkatkan derajat kesehatan di wilayah masing-masing,” tutur Ihsan.


Ketua Forum KKS Kabupaten Bantaeng, Hj. Sri Dewi Yanti, berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah bersinergi sehingga bisa kembali meraih Swasti Saba Wistara keempat tahun ini.


Berikut pesan singkat Sri Dewi Yanti melalui media whatsapp kepada redaksi:“ Sebagai Ketua FKS saya berterimakasih banyak pada kepala dinas kesehatan serta lintas OPD, pak camat, pak desa, kapus atas kerja - kerja  tersinerginya, sehingga kita bisa meraih kembali wistara ke4 tahun ini. Inovasi yang kita hasilkan adalah buah pikiran seorang bupati yang di streching oleh OPD sehingga bantaeng bisa bangga meraih penghargaan baik tingkat propinsi maupun tingkat nasional yang menjadi poin plus dalam penilaian kabupaten sehat ini. Apa yang kita raih hari ini merupakan proses kedepan untuk melahirkan inovasi yang muaranya untuk kepentingan masyarakat dan bantaeng yang lebih baik.( Edhy Bidik Nasional ).