Sabtu, 20 November 2021

KKG Gugus III Kec. Panakkukang Gelar Pelatihan Kreativitas Asyik Belajar Pendekatan STEM

 Sabtu, 2021/11/20 13:13 WITA

Tampak, A. Muh. Zubair, S, Pd. M. Pd. ( Pemateri), di dampingi Tiga Kepsek Gugus III, Bakhtiar. S, Pd, Dra. Sebel Yusuf dan Nurnaningsih. S, Pd. MM. Dalam Kegiatan Pelatihan Cara Asysik Belajar,  di SD Negeri Pampang, Sabtu (20/11/2021).


BN Online, Makassar ---- Kelompok Kerja Guru ( KKG) Gugus III Kec. Panakkukang Kota Makassar mengikuti pelatihan terkait dengan pengembangan kreativitas Leterasi, nomorasi, bertempat di SDN Pampang. Sabtu ( 2021/11/20 ) 


Kegiatan yang bertajuk Asysik Belajar dengan pendekatan Science,Technology, Engineering, Mathematics ( STEM), tersebut dibimbing langsung oleh Andi Muh. Zubair. S, Pd. selaku pemateri. Tampak juga dihadiri Pengawas Pendidikan Dasar, Lukman. S ,Pd. M. Pd, Ketua KKG Gugus III,  M. Rizal. S, Pd para Kepala Sekolah, Guru kelas 4,5 dan 6 yang tergabung dalam KKG Gugus III Pampang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.


Ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (2021/11/20)10:41 WITA. Kepala UPT SPF SDI.Pampang 2, Nurnaningsih. S, Pd. MM, yang juga selaku Ketua Gugus III mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para guru soal leterasi dan nomersai, khususnya cara belajar yang asyik menyenangkan. 


Menurutnya, Materi yang disampaikan oleh pemateri sangat baik untuk meningkatkan kreatifitas pendidik dan peserta didik di sekolah, "Intinya bagaimana kita menciptakan sistem belajar mengajar yang mengasyikan dan menyenangkan dengan metode latihan cara membuat prakarya sesuai dengan tema yakni, bidang Since,Technology, Engeneering, Mathematic," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua KKG Gugus III, Pampang Muh.Rizal, S, Pd mengatakan, jumlah peserta yang ikut serta dalam pelatihan Asyik Belajar ini diikuti sebayak 24 orang guru berasal dari empat sekolah dasar yang tergabung dalam KKG Gugus III yakni, SDI. Panakang 2/1, SDN. Pampang, SDI. Pampang 1 dan SDI.Pampang 2.


Materi pembelajaran tentang teori dan praktek asyik belajar ini penerapannya melalui pendekatan STEM yakni,  pembelajaran yang digabungkan dengan beberapa macam pelajaran, serta beberapa Kompentisi Dasar (KD) yang telah disesuaikan sehingga kita bisa mengajak siswa belajar sambil bermain dan menghasilkan karya enovatif menyenangkan, pola ini dinilai cukup epektif untuk menghilangkan kejenuhan dimasa pandemi ini.


Kemudian kita padukan beberapa topik, materi sesuai kurikulum dengan membuat karya seni menarik yang berbahan baku bekas. "Kompetensi dasar ini dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik dan harus mengacu pada kompetensi inti yang telah dirumuskan.oleh pemateri kita, Andi. Muhamad Zubair. S,Pd. M. Pd,". ucap Rizal.


Rizal berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, semoga para peserta dapat menerapkannya di sekolah masing- masing sehingga siswa senang belajar dengan menghasilkan karya yang menarik. ( Sy@h..)