Selasa, 16 November 2021

UPT SPF SMPN 35 Makassar Gelar Bimtek Penyusunan Modul Proyek Penguatan Profil Belajar Pancasila



BN Online, Makassar -- UPT SPF SMPN 35 yang berlokasi di Jl. Telegrap Utama No.1, Kel. Paccerakkang, Kec. Biringkanaya Kota Makassar hari ini menggelar Bimbingan Tehnis (Bimtek) tentang penyusunan modul proyek penguatan profil belajar pancasila, Sabtu (13/11/2021).


Kepada awak media ini Parenrengi, S.Pd., M.Pd., mengatakan, Bimtek ini sangat penting di laksanakan. Dengan tujuan agar dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter Pancasila, penyempurnaan, penguatan, dan penataan di satuan pendidikan secara signifikan.



Hal ini sangatlah perlu dilakukan perubahan dalam kebijakan manajemen sekolah yang berorientasi pada proses perencanaan visi, misi, dan tujuan pendidikan moral Pancasila melalui segala aspek kegiatan pembelajaran, ucap Parenrengi. 


Di jelaskannya, Bimtek ini adalah penguatan nilai moral Pancasila diperlukan sebagai salah satu wahana sosiopedagogis pembentukan identitas, kepribadian, dan moralitas generasi muda Indonesia menyiapkan diri untuk keberlanjutan kepemimpinan bangsa.


Internalisasi nilai moral Pancasila merupakan awal untuk melakukan penguatan nilai moral Pancasila. Untuk itu diperlukan pemahaman dari seluruh unsur pemangku kepentingan pendidikan, khususnya untuk di UPT SPF SMPN 35 Makassar, jelas Parenrengi. 



Tambahnya, "ini merupakan perwujudan dari generasi penerus bangsa, pelajar Indonesia yang menjadi harapan masa depan Indonesia untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)."


Olehnya itu, dengan Bimtek ini peserta diminta dapat mewujudkan pelajar Pancasila untuk terus meningkatkan kemampuan kompetensinya agar bisa memiliki kemampuan yang global. Karena, negara kita sudah memasuki kondisi yang bebas masuk Asia (global), pungkas Parenrengi.(ILHO)