Sabtu, 05 Februari 2022

Kerja Bakti UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa III Wujudkan Sekolah Yang Nyaman dan Asri

 


BN Online, Makassar--Kebersihan adalah sebagian dari iman. Begitulah mutira kata yang tersirat. Lingkungan yang bersih dan asri mendukung pembelajaran agar lebih nyaman, tenang dan sehat. Maka dari itu,  UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa III menggalakkan program kerja bakti setiap Sabtu untuk membuat lingkungan sekolah terlihat bersih nan indah. Sabtu (05/02/22)


Adapun Kerja Bakti tersebut dilaksanakan pada pagi hari yakni mulai pukul 07.00-07.30 Wita. Kegiatan ini telah didukung penuh oleh pihak sekolah melibatkan kepala sekolah, guru, dan para siswa.  



Fatmawati Naim, S.Pd selaku kepala sekolah UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa III Makassar menuturkan bahwa Kerja Bakti adalah kegiatan yang memang harus ada untuk mendukung siswa agar terus belajar menjaga kebersihan, dan bertanggung jawab terhadap tugasnya disekolah, yang mana bukan hanya belajar namun juga turut serta membersihkan lingkungan sekolah disekitarnya dengan adanya piket kelas pun secara rutin sudah mencakup kebersihan.


"Giat Kerja Bakti dilaksanakan oleh semua warga sekolah UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa III Makassar, dimana seluruh siswa saling bekerja sama menyelesaikan tugasnya masing-masing, ada yang menyapu kelas dan halaman, membersihkan ruang kelas, menguras kamar mandi, menata bunga, mengepel lantai, dan sebagainya,"ucap Fatmawati Naim.


Dalam pelaksanaanya tetap dibantu dan diawasi oleh guru. Pada waktu tersebut, kami para guru juga turut mensukseskan kegiatan ini dikarenakan kami juga memberikan contoh terhadap para siswa(i), maka kami pun juga mengambil bagian untuk membantu para siswa dalam menjalankan tugas dari kerja bakti.


Melalui Program kerja bakti, diharapkan seluruh siswa dapat berkolaborasi dalam menjalankan tanggung jawab masing-masing untuk menjaga lingkungan sekolah. 


Menambahkan, Kerja Bakti juga dapat menumbuhkan semangat kebersamaan atau solidaritas siswa untuk saling bekerja sama, saling bahu memabahu untuk menjalankan tugasnya supaya apa yang harus dikerjakan dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan serta juga hasilnya dapat sempurna. Melalui kerja bakti ini, juga meminimalisir munculnya wabah penyakit seperti jentik nyamuk yang dapat berakibat pada demam berdarah, maka dari itu kebersihan sekolah haruslah dijaga agar dapat terhindar dari kemungkinan terburuk tersebut.tutup Fatmawati


Red.