Sabtu, 16 April 2022

Donor Darah Massal Yang Digelar PMI Jakarta Utara Raih Rekor Muri

Tags


BN Online, Jakarta Utara -  Hari Terakhir Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara yang diketuai oleh Rijal  berkolaborasi dengan PT. Bala Bentala Indonesia, PT. Temas, Tbk, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di bantu juga oleh sahabat PMI Jakarta Utara  menggelar kegiatan
"Donor Darah Massal" mampu mencapai rekor muri 4000 lebih kantong darah.


Acara ini dilaksanakan dari tanggal 9 -14 April 2022 di GOR Sunter, Jakarta Utara.

Ketua PMI Jakarta Utara, Rijal, saat di temui awak media ini saat usai penutupan, Kamis (14/4/2022) mengatakan  Alhamdulillah donor darah ini mampu memecahkan rekornya sendiri,  awalnya dari 700, 800, detik ini (hari terakhir) mencapai 4100.

"Kegiatan ini harus terus berlanjut karna ini soal kemanusiaan dan donor darah harus terus dilakukan, masih banyak kegiatan lain kedepannya yang mampu memenuhi target 1200 perhari kebutuhan kantong darah," pungkas Rijal.

Bakti sosial kemanusiaan donor darah ini juga dihadiri oleh walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Ketua PMI DKI Jakarta, Camat Tanjung Priok dan sejumlah elemen yang berpartisipasi.

Salah satu dari pelaksana kegiatan ini PT. Bala Bentala Indonesia,  Andreas Sofiandi mengatakan, kegiatan donor darah ini diikuti oleh masyarakat umum, PPSU se-Jakarta Utara, dan berbagai elemen masyarakat lainnya yang berpartisipasi berduyung-duyung mendonorkan darahnya untuk membantu PMI dalam memasuki bulan puasa yang dimana stok darah sangat menipis.

Untuk hari pertama, sambungnya, banyak masyarakat yang sangat antusias mengikuti donor darah, terlihat dari panjangnya antrian pendaftaran.

“Jika ditotal dari keseluruhan donor yang mendaftar lebih dari 800 orang,"ujar Andreas sofiandi.

Pada kegiatan tersebut disediakan  juga sembako untuk para pendonor yang berhasil berdonor.

“Agar tetap sehat dimasa pandemi seperti ini, dan diwaktu berbuka juga kami siapkan takjil untuk para nakes dan donor,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, ketua PMI DKI Jakarta, H. Rustam Effendi mengungkapkan kegiatan "Jakarta Utara Mendonor" ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kekurangan darah di bulan puasa.

“Kita ajak masyarakat dari PPSU, kita berharap 4.000 kantong darah berhasil didapat," ujarnya.

Kita, masih kata Rustam, juga berharap kegiatan ini dapat memenuhi stok darah PMI yang setiap harinya mencapai 1.200 kantong.
(dar/ari/her).