Kamis, 28 Juli 2022

Pj Bupati terima Intruksi Menteri Pertanian RI

Tags

Pj Bupati terima Intruksi Menteri Pertanian RI
BN Online ; Bertempat diruang kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia, Jakarta ,Penjabat Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si laporkan kondisi Pertanian dan Perkebunan Bener Meriah kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. ( 27/07/2022).

“ Saat ini kondisi pertanian dan Perkebunan di Kabupaten Bener Meriah  di dominasi tanaman Hortikultura di bidang Pertanian dan Tanaman Kopi di bidang Perkebunan”, lapor Pj Bupati  Bener Meriah itu.

Saat ditanyakan masalah oleh Mentan Syahrul Yasil Limpo, Haili Yoga menerangkan bahwa produktivitas pertanian dan terkhusus Perkebunan Kopi mengalami penurunan.
“ Saat ini Pak Menteri, Produktivitas Pertanian Hortikultura mengalami penurunan, hal ini kemungkinan diakibatkan , tingginya harga Pupuk saat ini yang membuat petani kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pupuk bagi tanamannya”, lanjut Drs. Haili Yoga, M.Si, “ terkait Perkebunan kopi produktivitasnya menurun dikarenakan usia tanaman kopi yang sebagian besar sudah berusia puluhan tahun dan sudah  layak dilakukan peremajaan”.

Menanggapi hal itu, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menginstruksikan agar Pj Bupati Bener Meriah untuk melakukan replanting (penanaman kembali) tanaman kopi di Kabupaten Bener Meriah untuk memaksimalkan produktivitas kopi Arabika Gayo.

Selain itu, ia menyaranka adanya tumpang sari tanaman lain dalam kebun kopi yang akan dibantu pendanaannya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dalam kesempatan ini Menteri Pertanian juga memberi tawaran dengan metode pembiayaan yang sama untuk pengembangan hewan ternak serta budidaya nenas di Kabupaten Bener Meriah.

Secara tegas Menteri Pertanian menegaskan untuk pengusulan program pemberdayaan masyarakat petani itu, sudah diterima Kementerian Pertanian sebelum tanggal 17 Agustus 2022.

Turut mendampingi Pj. Bupati Bener Meriah Kepala Dinas Pertanian Kab. Bener Meriah Ir. Nurisman dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ir. Abadi Kabupaten Bener Meriah.(Kiki).

Editor : Riga Irawan Toni