Jumat, 12 Agustus 2022

Distanbun dan Dinas Pangan Aceh, siap Membantu mewujudkan Kampung Kopi Gayo dan Kampung Durian.

Tags

Distanbun dan Dinas Pangan Aceh, siap Membantu mewujudkan Kampung Kopi Gayo dan Kampung Durian.
BN Online ; “Dalam Mewujudkan Mimpi Bener Meriah Menjadi Kabupaten Yang Maju Dengan Kopi dan Pariwisata yang diramu menjadi Desa Wisata Harus Dengan Sinergitas Bersama”.

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si., dalam pertemuan dengan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Ir. Cut Huzaimah, MP., beserta jajarannya, Banda Aceh, (11/08/2022)

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh sependapat dan nyatakan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh akan siap membantu mewujudkannya.

“ Kami beserta jajaran dengan tulus ikhlas akan bersedia membantu membangun sektor pertanian, perkebunan dan agrowisata Kab. Bener Meriah, dan kami berharap adanya pemetaan lokasi potensi pengembangan Desa Wisata yaitu Kampung Kopi Gayo dan Kampung Durian, setelah itu terbentuk kami akan sangat bersedia turut menjadikan program tersebut dengan berbagai kegiatan”. Ungkap Cut Huzaimah.
Lanjutnya, “Disamping itu kami juga akan membantu mewujudkan program peremajaan dan pemangkasan kopi, serta berharap Bener Meriah juga dapat mengembangkan budidaya tembakau, dan ada kebanggaan tersendiri bagi kami apabila Kab. Bener Meriah berhasil menjadi daerah tujuan agrowisata” tutupnya.

Selain itu, pada sektor penguatan pangan, Kepala Dinas Pangan Aceh melalui Kabid Pangan, Mega menyampaikan bahwa,  Dinas Pangan Aceh akan terus membantu Kab. Bener Meriah melalui program Pertanian Keluarga.

 “Pak Kadis berpesan akan terus membantu Kabupaten Bener Meriah dengan program berkelanjutan yang telah terlaksana sejak tahun 2020 di beberapa kecamatan di Bener Meriah dan terus berlanjut sampai tahun ini”, ucapnya.

“ serta tahun ini dan kedepan berharap dapat fokus pada penguatan kelompok tani, karena sebanyak apapun bantuan yang kita berikan apabila mereka tidak siap secara keahlian maka hanya akan bermanfaat sesaat saja” ucap Mega, Kabid Pangan pada Dinas Pangan Aceh.

Merespon hal tersebut Pj. Bupati Bener Meriah menyampaikan bahwa sebelumnya telah merencanakan membentuk tim kerja, terkait untuk membuat regulasi terkait rencana pengembangan Desa wisata dan Pemetaan kawasan komoditi unggulan di Kab. Bener Meriah.

“Kita tinggal menunggu Pergub Aceh tentang Niaga, menyesuaikan dengan pergub tersebut sehingga nantinya kita juga akan mengeluarkan perbup tentang pembagian kawasan tersebut”. Tutup Haili Yoga.(Kiki).

Editor : Riga Irawan Toni