Senin, 24 Oktober 2022

Buku Tengkeh Gayo Hasrin Z Bersah Terbit,Ikuti Perbincangannya

Tags

Buku Tengkeh Gayo Hasrin Z Bersah Terbit,Ikuti Perbincangannya 
BN Online ; Aceh Tengah-Mahara Publishing menggelar bincang buku “Peri Berabun: Kumpulan Tengkeh Gayo” karya Hasrin Z Bersah. “InsyaAllah diadakan malam ini secara daring. Coba kita bahas, bagaimana Hasrin menulis tengkeh, sampai diterbitkan. Termasuk, membahas tengkeh Gayo,” kata Yusradi Usman al-Gayoni, Direktur Mahara Publishing, Senin (24/10/2022)

Hasrin Z Bersah, ungkap Ketua Pusat Kajian Kebudayaan Gayo tersebut, biasa menulis tengkeh (puisi berbahasa Gayo) di laman Facebook-nya, sejak tahun 2013. “Apa yang dirasakan, dilihat, didengar, dan dibaca, dijadikannya tengkeh. Luapan rasa bahagia, sedih, marah, dan harapan, ditulisnya dalam tengkeh tadi. Isinya tentang anak, keluarga, cinta, kasih kasih sayang, serta berbagai persoalan hidup,” sebut Yusradi. 

Dilanjutkan Yusradi, penulisan tengkeh Gayo dalam laman Facebook Hasrin yang kemudian diterbitkan jadi buku, merupakan bentuk kepedulian dan upaya nyata Hasrin dalam mengajarkan, menyelamatkan, dan melestarikan bahasa Gayo. “Ini langkah nyata. Bisa jadi contoh. Diharapkan bisa menggerakkan penengkeh lainnya untuk menuliskan pengetahuan kegayoannya. Hanya dengan cara seperti ini, kita bisa mengajarkan, mempelajari, melestarikan, dan mewariskan pengetahuan Gayo kepada generasi Gayo pada masa mendatang,” kata penulis buku “Ekolinguistik”tersebut. 

Bincang buku “Peri Berabun: Kumpulan Tengkeh Gayo” karya Hasrin Z Bersah, jelas Yusradi, akan digelar secara terbuka melalui Zoom Meeting, Senin malam, 24 Oktober 2022, mulai pukul 19:30-21:00 WIB, dan bisa diikuti melaui tautan https://us02web.zoom.us/j/83134176243?pwd=MFAxNjN3cURPc1duSGNxeHZxRTZrdz09, meeting ID: 831 3417 6243, dan passcode: 506790

Penulis : Aharuddin .
Editor    : Riga Irawan Toni