Kamis, 15 Desember 2022

Dandim 0106/Ateng Pimpin Upacara Hari Juang TNI AD Ke -77.

Tags

Dandim 0106/Ateng Pimpin Upacara Hari Juang TNI AD Ke -77.
BN Online ; Takengon- Dengan Tema Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2022 ini adalah "TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat" yang merepresentasikan visi dan komitmen TNI AD untuk senantiasa manunggal dengan rakyat serta menempatkan kepentingan rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian.

Komandan Kodim 0106/Ateng Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-77 Tahun 2022 bertempat di lapangan makodim  Ds. Bale Atu Kac. Lut Tawar Kab. Aceh Tengah. Kamis (15/12/22).

Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo mengatakan saat dijumpai dewan pers, Upacara ini adalah dalam rangka hari Juang Kartika yang jatuh setiap tanggal 15 Desember, dimana pada saat itu prajurit TNI AD bertempur melawan Belanda di Ambarawa memukul sekutu mundur, sehingga sampai sekarang peristiwa itu dikenal dengan sebutan Palagan Ambarawa.
“Keberhasilan tersebut, tidak hanya meningkatkan moril perjuangan di wilayah Indonesia lainnya, tetapi juga memberikan dampak politis secara internasional dan dampak psikologis kepada Sekutu, karena ternyata TNI dan rakyat Indonesia mampu menunjukkan semangat pantang menyerah dalam mempertahankan kemerdekaan yang diraihnya,” jelasnya.

Lanjutnya, "Di hari Juang Kartika ini, Saya pesan kepada prajurit seperti yang disampaikan Almarhum Jendral Sudirman bahwa prajurit TNI AD bukanlah prajurit sewaan, melainkan seluruh jiwanya untuk kepentingan bangsa dan negara ini,". 

Tambahnya, Sebagai prajurit profesional, kita harus mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan yang dinamis serta terus menjaga dan meningkatkan kemampuan kemiliteran modern. Namun, sebagai alat negara penjaga kedaulatan NKRI, seluruh prajurit TNI AD tidak boleh melupakan hakikat sebagai tentara rakyat yang senantiasa harus manunggal dengan rakyat. untuk mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, adaptif, modern dan profesional, yang ditakuti lawan, disegani kawan dan selalu dicintai rakyat" Tutup Komandan Kodim 0106/Ateng".

Upacara tersebut tampak hadir Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo, Kasdim 0106/Ateng Mayor Inf Peka Aswan, S.Or, M.Pd, AIFO, Dansub Denpom IM/1-5 Takengon Lettu Cpm Romi Iswanto, SH, Para Pasi dan Danramil Jajaran Kodim 0106/Ateng dan Anggota Kodim 0106/Ateng.

Editor : Riga Irawan Toni