Rabu, 12 Agustus 2020

Jelang Pilkada Serentak 2020 Brimob Batalyon A Pelopor Cek Kesiapan Personelnya

Tags


BN Online, Makassar--Jelang Pesta Demokrasi 2020 dan mengantisipasi Sitausi Kamtibmas, Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel kembali melaksanakan Apel gelar Pasukan dan pengecekan peralatan, Rabu (12/08/2020 ).

Kegiatan diawali dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh seluruh personel yang akan melaksanakan apel pagi serta gerakan mencuci tangan yang rutin dilaksanakan setiap hari dan dilanjutkan dengan pembacaan Dzikir Asmaul Husna.

Bertindak sebagai pimpinan Apel Danyon A Pelopor AKBP Darminto mengatakan bahwa saat ini kita di hadapkan dengan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di 12 Kabupaten dan Kota ditambah masalah covid-19 yang yang walaupun menurun tingkat penyebarannya di Kota makassar sudah menurun namun wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sesuai dengan aturan Pemerintah.

“ sebagai wujud kesiapsiagaan dan bhakti brimob untuk masyarakat, selain berfokus pada kegiatan penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, Personel juga harus selalu siap tugas kapanpun dan dimanapun dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020 ” imbuh Darminto.

Darminto menambahkan Dalam menyikapi situasi saat ini yang tidak dapat diperdiksi, dengan diadakannya apel kesiapsiagaan bisa memberikan gambaran terkait personel, alsus maupun alutista yang bisa diterjunkan ke lapangan ketika diperlukan guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama masa pandemi.

“ Melalui Apel kesiapsiagaan ini kita bisa mengetahui apa dan bagaimana kondisi dari personel, kendaraan dinas maupun perlengkapan dan peralatan seperti senjata serta yang lainnya. Agar pada pelaksanaan tugas kedepannya tidak ada masalah serta dapat mengimplementasikan bhakti brimob untuk masyarakat. “ Tambah Darminto.


Usai pelaksanaan apel pagi, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan perlengkapan personil yang dipimpin Danyon A Pelopor didampingi Wadanyon A Pelopor AKP Mansur dan Para Pejabat Utama Batalyon A Pelopor. Pengecekan dilakukan dengan sangat detail mulai dari kelengkapan perorangan seperti Kondisi Senjata Api yang dibawa , Surat ijin Senjata Api serta Amunisi yang digunakan dalam bertindak hal itu dilaksanakan untuk menghindari kesalahan prosedur pada saat bertindak, tidak hanya itu Darmintopun mengecek isi rangsel tiap – tiap personel.

Selain mengecek perlengkapan masing – masing personel kemudian Danyon A Pelopor beralih untuk mengecek kendaraan operasional seperti Truk Angkut personel dan kendaraan roda dua yang merupakan pendukung keberhasilan tugas – tugas personel dilapangan.

“ ini adalah implementasi wujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat apabila sewaktu – waktu dibutuhkan seluruhnya harus siap untuk memberikan pelayanan untuk masyarakat  baik itu personel mauun kendaraan “ tegas Darminto. 

Ditempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, menjelaskan maksud dan tujuan apel kesiapsiagaan tersebut adalah untuk mengecek kesiapan personel di Jajaran Batalyon Pelopor dan Detasemen Gegana yang nantinya akan melaksanakan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan di 12 Kabupaten Se- Sulawesi Selatan dan tidak tertutup kemungkinan untuk bergerak ke Provinsi lain.

“Melalui apel ini juga diharapkan kesiapsiagaan seluruh personel Brimob Sulsel menjadi lebih terukur dan siap kapan pun dan dimana pun apabila dibutuhkan kehadiran kita, baik dalam siaga bencana alam ataupun keadaan kamtibmas, ini adalah bentuk bhakti brimob dan kehadiran brimob ditengah – tengah masyarakat” tegas Muhammad Anis.(Mk)


Editor : | BN Online | Dny