Kamis, 19 Agustus 2021

Anies Rasyid Baswedan Resmikan Kampung Susun Akuarium.

Tags

BN Online, Jakarta Utara -


Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, meresmikan pembangunan tahap 1 Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (17/8).


Dilansir dari Kominfo Jakarta Utara, setelah peresmian ini, sebanyak 107 unit bangunan sudah mulai dapat dihuni oleh warga Kampung Akuarium di hari kemerdekaan RI. Kampung Akuarium dua blok bangunan berjumlah lima lantai.


Dalam pidato peresmiannya,   Anies mengatakan, pembangunan Kampung Susun  Akuarium  sebagai upaya Pemprov DKI Jakarta mewujudkan rasa keadilan dalam bidang permukiman warga.


“Pembangunan Kampung Susun Akuarium merupakan program strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal peningkatan kualitas kawasan permukiman dan masyarakat yang bertujuan untuk memfasilitasi warga DKI Jakarta memenuhi rasa keadilan dalam bermukim dan memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni, nyaman dan terjangkau, sehingga Jakarta tidak hanya maju kotanya, tapi juga bahagia warganya,” katanya.


Hari ini, beber Anies, memang hari kita merayakan kemerdekaan RI, ke-76 tahun perjalanan republik ini, saya selalu menggaris bawahi bahwa merdeka itu bukan hanya merdeka 'dari' tapi juga merdeka 'untuk'. Merdeka dari kolonialisme, merdeka dari keterbelakangan, merdeka dari keterjajahan, dan juga merdeka untuk keadilan, merdeka untuk Kesejahteraan, merdeka untuk kesetaraan, merdeka untuk kemajuan, dan itu semua yang hari ini kita rayakan, di Kampung Akuarium, kita merayakan kemerdekaan untuk keadilan, merdeka untuk kesejahteraan.


Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Anies Baswedan secara simbolis memberikan kunci Kampung Susun Akuarium kepada perwakilan warga Kampung Akuarium.


Pembangunan Kampung Akuarium ini, jelas Anies, juga merupakan ikhtiar dirinya untuk melunasi janji kampanye saat Pilkada Jakarta 2021. Terwujudnya Kampung Susun Akuarium merupakan bentuk kolaborasi semua pihak, baik dari Pemprov DKI Jakarta dengan warga terdampak penggusuran.


“Lewat kampung ini, kita semua mewujudkan sila kelima dari Pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Lewat kolaborasi di sini, kita mewujudkan identitas masyarakat Indonesia yakni gotong royong,” imbuhnya.


Anies juga berpesan kepada warga Kampung Akuarium untuk untuk menempati dan menjaga Kampung Susun yang sudah dibangun ini.


“Semoga Kampung Susun Akuarium ini membawa berkah bagi kita semua, menjadi solusi rumah bagi warga DKI Jakarta dan mewujudkan DKI Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya,” tegas Anies 


Kampung Susun Akuarium digusur Ahok pada 11 April 2016 dengan tujuan untuk membangun sheet pile tanggul pencegahan banjir rob di sisi utara Jakarta.


Selain itu, warga digusur karena menurut Ahok lahan yang ditempati warga merupakan lahan milik PD Pasar Jaya. 

Kepala Koperasi Konsumen Bangkit Mandiri, Darma Diani, mengatakan apa yang diperjuangkan warga Kampung Akuarium akhirnya sampai pada titiknya.


"Terimakasih atas semua yang sudah diberikan, kami juga berkomitmen untuk selalu menjaga lingkungan ini, mulai dari kebersihan, meningkatkan perekonomian dan keguyuban yang dipesankan Bapak Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan," tuturnya.


Ikut hadir mendampingi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dalam peresmian Kampung Susun Akuarium adalah Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali, Direktur Pembangunan PT Almaron Perkasa, Deborah Rosanti, Direktur Almaron, Darwin, Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Koperasi konsumen bangkit mandiri Darma Diani, Ketua RT dan tokoh-tokoh masyarakat Kampung Akuarium.

(Darman).