Minggu, 22 Agustus 2021

Tindak Lanjut Makassar Recover, Dishub Kota Makassar Gelar Acoustik Swab On The Road Healthy And Fan

Tags



BN Online, Makassar -- Gerak cepat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menggelar Acoustik Swab On The Road Healthy and Fun di Halaman Terminal Angkutan Umum, jalan Malengkeri Makassar, Sabtu (21/08/2021).


Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Iman Hud menjelaskan, kegiatan Acoustik Swab On The Road ini salah satu bentuk inovasi Pemerintah Kota Makassar sebagai tindak lanjut Program Makassar Recover yang dicanangkan Walikota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.


"Program ini mengambil konsep untuk tetap menghimbur warga masyarakat dan petugas yang ada di lapangan saat melakukan swab anti gen," jelasnya.


Menurut Iman, untuk mendukung pencapaian Target Herd Immunity diperlukan adanya berbagai kerjasama seluruh elemen masyarakat dalam mengatasi Covid-19 termasuk berkolaborasi dengan pekerja seni (Musisi).


"Kita melibatkan seluruh stakeholder dan TNI Polri untuk bersama-sama menghadapi Covid-19. termasuk di dalamnya Swab On the Road disandingkan dengan Acoustik Swab on The Road, sehingga teman teman musisi itu ikut memberikan sosialisasi menyampaikan pesan dan edukasi kepada masyarakat secara lebih humanis dan persuasif," tambah dia.


Lebih lanjut Iman menjelaskan, dalam kegiatan Swab On The Road, pihaknya melakukan Swab anti gen dengan tujuan mendeteksi warga di atas kendaraan baik Roda dua dan Roda Empat di Jalan Raya, guna memutus mata rantai Covid-19 di Makassar.


"Ini merupakan upaya pemerintah melakukan testing orang secara acak, sekiranya ada yang positif di atas kendaraan, maka selanjutnya dilakukan tracing dan treatment, ini juga bagian dari program vaksinasi", ucapnya.


Mantan kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Makassar ini menambahkan, dalam kegiatan Program Swab On The Road Dishub Makassar, pihaknya menargetkan sebanyak 100 orang setiap harinya, mulai sejak tanggal 12 hingga 23 Agustus 2021, dengan tetap menggandeng para komunitas Musisi Band yang ada di Makassar.


Menurut Iman, sejak dilaunching 12 agustus lalu hingga kini, kegiatan Swab On The Road sudah menyasar 3.804 orang dari 4 Posko penyekatan yang ada yaitu Posko di jalan Malengkeri, Posko di jalan Penghibur Pantai Losari, Posko di Kompleks Perumahan Bumi Permata Sudiang, dan Posko di Jalan Aroepala Makassar.


“Dari Data 3.804 orang tersebut terdapat 77 orang atau 2 persen yang ditemukan positif Covid-19, di empat Posko yang ada” ungkapnya.


Imam menjelaskan dalam program Swab On The Road ini, pihaknya menerjunkan sebanyak 73 orang Petugas Gabungan di lapangan terdiri dari Tenaga Nakes Dinkes 5 orang, TNI 28 orang, Polri 6 orang, Satpol PP 5 orang dan Petugas Dishub Makassar 17 orang serta para musisi Band 10 orang.


"Jadi ini semata-mata kepentingan masyarakat guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di makassar, kita ingin menjaga orang sehat tetap sehat dan merawat orang yang sakit", pungkas Iman Hud Kadishub Kota Makassar.(*)