Selasa, 28 September 2021

Antisipasi Penanggulangan Bencana, Rutan Bantaeng Pasang Alarm dan APAR disetiap titik

Tags


BN Online Bantaeng,--Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Keamanan dan Ketertiban, Abdul Aris, saat memberikan arahan kepada seluruh Kepala Divisi Pemasyarakatan dan jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng, Rutan Kelas II B Bantaeng dengan segera melaksanakan tindaklanjut terkait arahan tersebut. 


Melalui arahan Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng, Ince Muh. Rizal, mengarahkan Pejabat Struktral untuk melakukan pemasangan Alarm atau Panic Button, dan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) di beberapa titik rawan pada yang terletak di dalam Rutan Bantaeng. 


“Adapun tombol panic button tersebut, diletakkan di bagian meja Komandan Jaga berserta kode dan petunjuk teknis penggunaan alarm  agar tidak sembarangan orang yang menekan tombol tersebut’ Jelas Emil, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan. 


Lokasi bunyi alarm dari panic button tersebut terletak di 3 (tiga) titik, 2 diantaranya di area blok hunian dan 1 di area gedung perkantoran. Adapun APAR juga diletakkan di 3 (tiga) titik antara lain pada area aula, blok hunian dan area rawan seperti dapur dan sekitarnya. 


Kepala Rutan Bantaeng, Ince Muh. Rizal menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan salah satu langkah progresif yang dilakukan Rutan Bantaeng demi menjaga dan mencegah terjadinya kejadian seperti bencana kebakaran dan potensi gangguan kamtib lainnya. 


“Untuk menjaga peralatan tersebut, setiap jajaran yang bertugas harus memperhatikan kebersihan dan kelayakan alat agar bisa awet untuk digunakan” Harap Ince. 


Ince juga mengungkapkan bahwa kedepannya akan diadakan simulasi atau latihan terkait penanggulangan bencana yang lebih upgrade, seperti titik kumpul dan jalur evakuasi atau jalur keluar. 



Sumber :  Humas Rutan Bantaeng

Editor : Edhy BN