Selasa, 28 September 2021

Bantaeng Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020 Kategori Madya

Tags


BN Online Bantaeng --- Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali meraih penghargaan di bawah kepemimpinan DR Ilham Azikin-Sahabuddin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng. Penghargaan kali ini adalah penghargaaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.


Penganugerahan APE tersebut diberikan kepada kepala daerah yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender atau PUG. Penghargaan ini dijemput di Jakarta dan diterima oleh Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin di Makassar, Selasa, 28 September 2021. 


Bantaeng sendiri menerima penghargaan APE dengan kategori Madya. Kategori ini adalah kategori perlindungan perempian dan anak untuk tahap pengembagan. 


Kepala Dinas PMD dan PPPA Kabupaten Bantaeng, Ahmad Yani mengatakan, pemerintah Kabupaten Bantaeng sejauh ini memang telah melaksanakan program perlindungan perempuan dan anak dengan melibatkan lima perangkat daerah secara integral. Kelima perangkat daerah ini bekerja sama untuk memberikan perlindungan perempuan dan anak. Kelimanya adalah Bappeda, PMD PPA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Disdukcapil. 


"Mereka sudah melaksanakan program masing-masing di setiap OPD," jelas dia. 


Dia menjelaskan, penghargaan diberikan Kementerian PPPA RI kepada Kabupaten Bantaeng ini didapatkan setelah dilakukan evaluasi dari pengarusutamaan gender.


Ahmad Yani menyebutkan dalam evaluasi ini ada tujuh komponen yang harus dipenuhi yaitu, komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, analisis gender, data gender dan partisipasi dari masyarakat yang ada di Kabupaten Bantaeng.


"Alhamdulillah komponen ini semua di sudah terpenuhi dan sudah terlaksana. Terbukti karena Bantaeng adalah kabupaten inklusi dan semua anggaran responsif gender dan tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan," ujarnya.


Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, penghargaan ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Bantaeng. "Kita berharap ini bisa ditingkatkan kedepannya," kata Ilham Azikin.


Editor : Edhy BN