Rabu, 16 November 2016

Upayakan Penurunan Titik Hotspot dan Luasan Karhutla Manggala Agni Gelar Bimtek

Tags

BN Online.MAKASSAR, - Hadapi musim kemarau 2017 mendatang kementerian KLHK dalam hal ini Balai PPIKHL Sulawesi red Manggala Agni Daops (Daerah Operasi) Gowa gelar Bimbingan Teknis Masyarakat Peduli Api (BIMTEK MPA).

Bimbingan teknis tersebut digelar sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan pada musim kemarau yang dilaksanankan di markas Manggala Agni Daops Gowa rabu (16/11/2016).

Kepala daerah operasi Gowa Markus Taruk menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan digelar setiap tahunnya sebagai program tahunan Balai PPIKHL, dimana para pesertanya berasal dari tokoh dan masyarakan yang berdomisili di sekitar pinggiran kawasan hutan dalam lingkup kerja Manggala Agni.

Lanjut masyarakat pinggiran kawasan hutan dan tokoh masyarakat sengaja jadi pilihan untuk pembinaan, mengingat jika terjadi kebakaran hutan maka merekalah yang akan terlebih dahulu berada di TKP untuk melakukan pemadamam awal dan pelaporan sebelum di tindak lanjuti oleh tim pemadam kebakaran, terang dia.

"Bimtek tersebut di maksudkan guna memberikan pemahaman tata cara pemadaman serta dampak kerugian jika kebakaran hutan terjadi" jelas Kadaops Manggala Agni.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Balai PPI yang diwakili oleh kepala seksi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan menjelaskan bahwa dengan bimbingan teknis ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat sekitar kawasan hutan akan pentingnya melakukan pencegahan dan dampak dari kebakaran hutan.

Dia juga berharap agar masyarakat peduli api (MPA) dapat menjadi ujung tombak dalam mengantisipasi kebakaran hutan,  untuk itulalah bimbingan ini dilaksanakan, tegas Saul Biu Matasik. (Dony)

Editor : Anto