Rabu, 10 Mei 2017

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Celah Bibir Terselenggara Berkat Kerjasama Pemkab.Bantaeng

Tags

Rabu, 10 Mei 2017 | 14:30 | Wita


BN Online, Bantaeng---Kegiatan Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Celah Langit-Langit terselenggara berkat kerjasama Pemkab. Bantaeng, Celebes Cleft Center, Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofacial Indonesia Wilayah Sulsel, Association Meducal Doctor of Asia (AMDA) Indonesia dan Taiwan International Health Action (TaiwanIHA) serta Jaringan Kemanusiaan.

Kegiatan ini melibatkan tim Medis dan Paramedis dari Taiwan sejumlah 11 orang dan Tim Medis dari Indonesia meliputi Dokter Ahli Bedah Mulut, Dokter Ahli Bedah Umum, Dokter Ahli Anestesi dengan total 12 orang. Kedua tim tersebut berkolaborasi melakukan kegiatan Bakti Sosial di Bantaeng pada Tahun 2017 ini di bawah Koordinasi Prof. Dr. A. Husni Tanra, PhD, Sp.An yang juga merupakan Ketua AMDA Indonesia.

Kegiatan Baksos ini diawali dengan proses pencarian calon pasien operasi yang dilakukan oleh seluruh Tim 13 Puskesmas se-Kab. Bantaeng dan dibantu oleh Fasilitator SLRT di tingkat Desa, Kelurahan dan Jaringan Kemanusiaan.

Dari hasil pencarian diperoleh 30 pasien dengan berbagai kelainan celah bibir dan atau langit2. Setelah dilakukan screening oleh tim operasi dari Taiwan dan Indonesia maka yang dinyatakan layak untuk di operasi sebanyak 26 orang dengan rentang umur 3,5 bulan hingga 32 tahun.

Kegiatan operasi dilakukan dalam 2 hari yakni 8-9 Mei 2017 di Ruang Operasi Lantai 3 Gedung 8 Lantai RSUD Prof. Dr. H. M. Anwar Makkatutu. Kegiatan baksos ini akan dimeriahkan dengan kegiatan Malam Apresiasi yang menghadirkan para orang tua pasien operasi bibir sumbing untuk berbagi kebahagiaan dengan tim operasi dari Taiwan beserta Pemerintah Kabupaten Bantaeng

Yang sedianya dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Bantaeng Prof. DR. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr, yang senantiasa mendukung rangkaian kegiatan bakti sosial ini. Pasien yang belum sempat dioperasi (karena pertimbangan kondisi medis) pada kesempatan kali ini akan dijadwalkan ulang pada kegiatan operasi selanjutnya.


Penulis : BN | Bantaeng | Aswin

Editor   : BN | Sulsel | Dny