Jumat, 05 Mei 2017

Sdn Melayu 25 Rutin Gelar Jumat Ibadah diSekolah

Tags

Jumat | 5 Mei 2017 | 10:00 | wita

Hari Jumat dimaknai dengan peningkatan ilmu agama, dan menambah iman serta pendekatan diri kepada Allah SWT.AA


BN Online.Makassar--Sholat Jumat adalah sholat 2 rokaat yang dilakukan di hari Jumat secara berjamaah setelah khutbah Jumat setelah masuk waktu Dhuhur.

Untuk dapat melakukan sholat Jum’at berjamaah, jumlah yang hadir harus minimal 40 orang dan dilakukan di masjid yang dapat menampung banyak jamaah.

Adapun kegiatan sekolah yang dilakukan SDN MELAYU 25 sangatlah bermanfaat untuk peserta didik diSekolah yang mana rutin melakukan aktivitas ibadah tiap Jumat, bersama siswa dan siswi diSekolah.

Hj.Nurhayati, S.Pd mengatakan perlunya dilakukan pembiasaan ibadah Jumat diSekolah secara terus menerus, yang mana itu rutin kami lakukan setiap hari Jumat, hari Jumat merupakan hari yang paling baik dalam Islam seperti yang kami ketahui.

Karna Jum’at adalah hari keenam dalam seminggu atau sepekan. Dalam literatur Arab, Jum’at [al-jumu’ah] juga terkadang digunakan untuk arti minggu [al-usbû’]. Jumat, yang secara utuh diserap dari kata Arab-Qur’ani, berasal dari akar kata jama’a-yajma’u-jam’an, artinya: mengumpulkan, menghimpun, menyatukan, menjumlahkan, dan meng-gabungkan.

Al-Jum’ah artinya: persatuan, persahabatan, kerukunan [al-ulfah], dan pertemuan [al-ijtima]. Meski secara umum dan keseluruhan semua hari – termasuk Jum’at – dalam seminggu itu bisa dikatakan sama atau tidak ada bedanya; namun hari Jum’at bagi kaum umatan muslimatan [kaum Muslimin/Muslimat], dipastikan memiliki keistimewaan tersendiri.

Sama halnya dengan keistimewaan Sabtu bagi orang-orang Yahudi, dan Minggu untuk kawan-kawan Nasrani.

Bagi umat Islam, yang masih sempat atau sengaja menyempatkan diri untuk merenungkan makna-makna hari, paling sedikit didasarkan pada alasan utama tentang kebesaran hari Jum’at:

Bahwasanya ia adalah sebaik-baik hari.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda,


”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

Menambahkan semoga hari Jumat diSekolah kita bisa memberikan aktivitas yang bermanfaat, menambahkan ilmu untuk siswa dan siswi, bisa mempersatukan visi dan misi keagamaan, agar kedepan anak didik Sekolah akan menjadi anak yang sukses baik dirinya, keluarga, bangsa dan negara tercinta.ungkapnya

Penulis | BN Online Sul-Sel | AA
Editor | BN Online Sul-Sel | Edhy