Kamis, 03 September 2020

Mendagri: Semakin Sedikit Temuan Yang Ditemukan, Maka Pengawasan Bisa Dikatakan Sukses

Tags


BN Online, Jakarta--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito karnavian hadir dan menyampaikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Rakorwasdanas) Secara Nasional Tahun 2020 di Gedung Sasana Bhakti praja, Kemendagri. Dalam sambutannya, Mendagri menegaskan tentang prinsip pengawasan yang sebaiknya dilakukan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

"Paradigma yang ada saat ini, para pengawas berlomba menemukan temuan agar dikatakan sukses, ingat itu adalah paradigma yang salah", kata Mendagri di Jakarta, pada hari Kamis (3/9/2020)

Menurutnya, pengawasan bisa dikatakan sukses bila semakin sedikit temuan yang ditemukan. "Jika para pengawas semakin sedikit menemukan temuan, baru itu bisa dikatakan pengawasan sukses," tukasnya.

Mendagri menambahkan, seorang pengawas sejatinya melakukan proses pengawasan mulai dari saat perencanaan anggaran. "Saya setuju dengan Bapak Kepala BPKP bahwa saat pengawasan perencanaan adalah yang paling rawan", jelasnya.

Mendagri berharap, APIP yang beranggotakan BPKP, Inspektorat Kementerian/Lembaga dan Inspektorat Daerah, baik provinsi, kabupaten/kota harus saling bersinergi dengan baik  dalam mengawal pemulihan ekonomi nasional mengingat tantangan pengawasan saat ini berbarengan dengan pandemi Covid-19 dan penyelenggaran Pilkada Tahun 2020 di 270 daerah.

"Kita harus berterimakasih kepada APIP karena temuan yang ada tentu masih bisa di perbaiki, maka kami berharap APIP dapat menjadi mitra yang baik dan diperhatikan perannya. Jangan sampai yang menemukan temuan adalah Aparat Penegak Hukum (APH)," pungkas Mendagri.

#Puspen Kemendagri#


Editor : | BN Online | Dony