Selasa, 19 Januari 2021

Kepsek SDN Paccinang 1 Makassar Bangun Kantin Sehat

Tags



BN Online, Makassar -- SDN Paccinang 1 yang letaknya di Jl. Cambajawayya No.11 Kelurahan Tello Baru Kecamatan Panakkukang yang di pimping oleh Rosmawati Made Ali, S.Pd., kali ini terlihat membangun kantin sehat, Selasa (19/01/2021).


Adapun kriteria kantin sehat sekolah pada umumnya yaitu, bersih, menyediakan makanan yang aman dan bersih, produk makanan harus memiliki label yang jelas, makanan dan minuman yang di dagangkan harus yang bergizi/bernutrisi serta aman untuk siswa(i), tidak menjual makanan yang mengandung bahan kimia atau zat berbahaya/mikroba serta memiliki tempat cuci tangan. Artinya semua produk makanan harus sesuai BPOM dan Kemenkes keluarkan.



Menurut Rosmawati Made Ali, S.Pd., selaku kepala sekokah, kantin sehat di sekolah sangat diperlukan agar peserta didik tidak jajan sembarangan jika tidak membawa bekal dari rumah dan warga sekolah juga dapat menikmati setiap makanan atau minuman yang di sajikan di kantin sehat ini tampa ragu akan higienisnya, tuturnya.


Ia juga mengatakan, banyaknya jajanan yang tidak sehat mengharuskan pihak sekolah mengambil kebijakan agar siswa(i) tidak mengonsumsi jajanan luar yang belum terjamin kebersihannya. Maka dari itu kami membangun kantin sehat ini, imbuhnya.



"Kantin sehat ini juga bertujuan agar para siswa(i), orangtua dan guru bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Selain itu, agar jajanan anak sekolah bisa higienis. Sebab kesehatan merupakan satu pilar penting dalam pengembangan pendidikan".


Inilah mengapa kantin sekolah sangat penting kebersihan dan kenyamanan siswa(i) itu sendiri. Sebab, sekolah itu harus mampu menjadi rumah kedua peserta didik dengan menjamin akses untuk makanan yang sehat dan bersih. 


Semoga, dengan adanya kantin sehat yang kami bangun di sekolah SDN Paccinang 1 Makassar ini dapat berguna bagi seluruh warga sekolah, tutup Rosmawati.(ILHO)




Editor//BN Online//ILHO