Senin, 29 Maret 2021

Kegiatan Supervisi Administrasi SDI Bitoa Makassar Mengambil Suasana Baru Di Alam Terbuka, Ini Tujuannya

Saat selesai di Supervisi Administrasi oleh pengawas TK. I di wisata kebun Kab. Gowa 

BN Online, Makassar---Dalam rangka kegiatan pendidikan yang diselenggarakan disekolah dapat terlaksana dengan baik, jika semua unsur yang terkait didalamnya dapat bekerja sama dengan baik, kegiatan pembelajaran merupakan salah satu unsur keberhasilan pendidikan disekolah, kwalitas pembelajaran yang baik sangat dipengaruhi oleh kepala sekolah dan guru, oleh karena itu harus ditingkatkan terus menerus, 

Untuk meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah dilakukan dengan bantuan operasional dalam bentuk pengajaran, dan bantuan tersebut dilakukan dengan bentuk Supervisi  baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial.

Dalam hal ini UPT SPF SD Inpres Bitoa Makassar telah melaksanakan supervisi tersebut, oleh pengawas sekolah yang dilaksanakan diluar sekolah atau dialam terbuka dan tentunya pelaksanaan ini mempunyai nilai tersendiri. 

Selain mempererat persaudaraan diantara para guru juga memperkenalkan lingkungan yang bisa mendukung aspirasi para guru-guru sehingga tidak terlalu tertekan dengan adanya pandemi Covid-19 ini.


Pembicaraan pengawas Tk. I gugus II Kecamatan. Manggala Kota Makasssr Hj. Nurhaedah. S. Pd, M. Pd menjelaskan, dimana pelaksanaan supervisi ini bersifat terbuka dan kesetiakawanan. Namun supervisi ini harus dilakukan secara berkesinambungan karena bukan tugas sambilan yang hanya dilakukan sewaktu-waktu saja.

"Adapun dari hasil supervisi tersebut rata-rata guru sudah berbuat, dimana administrasi tersebut sudah mendekati kesempurnaan ini tentunya ditunjang dengan Adanya kepala sekolah yang mampu membimbing guru-guru untuk terus maju membenahi dan memperbaiki administrasi," urainya.

Sambungnya, pada proses pembelajaran diharapkan guru mampu menguasai materi, Media adalah salah satu penunjang dalam proses pembelajaran maka seharusnya guru senantiasa menyiapkannya.

Harapan kami selaku pengawas adalah semoga UPT SDI Bitoa Makassar kedepannya bisa lebih baik lagi, lebih maju dan lebih berkreasi di bawah pimpinan seorang kepsek yang masih energik, punya potensi untuk maju.

 
Terpisah, Muh. Ikbal, S. Pd selaku Kepala UPT SPF SDI Bitoa mengatakan, kami mencari suasana baru agar guru-guru tidak terlalu tegang dalam menghadapi supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas Tk. I Gugus I". Sehingga tercipta suasana kekeluargaan dan terjalin silaturrahmi yang baik antar pengawas dan kepala sekolah, serta guru-guru itu sendiri.

"Mengatasi kejenuhan guru-guru setelah proses pembelajaran lewat daring atau pembelajaran lewat online, ilmu itu bisa didapat di mana saja salah satunya di alam terbuka," tukasnya.

Lanjutnya, Muh. Ikbal menjelaskan, keuntungannya adalah selain mendapatkan bekal ilmu dari pengawas sekolah juga dapat lebih refreshing dan rileks bersama teman-teman sejawat.

"UPT SPF SDI Bitoa Makassar kegiatan supervisi administrasi mengambil suasana baru di alam terbuka (wisata kebun) Kab. Gowa, tetap terjadi proses supervisi hingga refleksi kegiatan tersebut," tutupnya.