Selasa, 13 April 2021

Buntut Perselisihan Di Desa Kalirejo, Endingnya Berujung Dengan Islah


 

BN Online, Pasuruan Kota--  Kantor Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Jadi saksi bisu perseteruan antara H. Fatoni (53 th) dengan Mustofa (31 th), yang saat itu sempat bersitegang  dengan menggunakan sajam dibarengi penganiayaan dan disepakati keduanya untuk berislah. Senin, (12/04/2021) pukul 09.45 WIB. 


Hadir dalam kegiatan islah/mediasi tersebut diantaranya. Camat Kraton Munif Triyatmoko, SE, MM, Sekcam Kraton Eddy Santoso, SE, Kapolsek Kraton AKP Teguh Taviyarno, Kasi Humas Polres Pasuruan Kota AKP Endy Purwanto, Danramil Kapten Sutiyono, Kanit Reskrim Polsek Gadingrejo IPTU Agung Sujatmiko, KBO Sat Intelkam Iptu Achmad Santoso, SH, Kasi Trantib Kecamatan Kraton H. Nur Choliq,  Kades Kalirejo M. Adip, Bhabinkamtibmas Desa Kalirejo Bripka M. Abadi, Ketua BPD Kalirejo Muslimin, Mustofa (Pihak yang berselisih), H. Fatoni (Pihak yang berselisih), Ustad Sirod (tokoh agama), Serta para undangan ± 25 orang.


Iptu Agung (Kanit Reskrim Polsek Gadingrejo). "Menjelaskan, Perlu diketahui kegiatan mediasi/islah ini adalah kegiatan akhir dari buntut perselisihan antara Haji Fathoni dengan saudara Musthofa, pihak Polri memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk melakukan islah ataupun mediasi yang bertujuan untuk mendamaikan masing-masing pihak. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyejukkan antara warga Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Pihak Polri cuma berpesan agar semua warga mematuhi hukum yang ada khususnya di Polres Pasuruan Kota.



Camat Kraton membeberkan, kalau kegiatan hari ini merupakan momen yang sangat penting bagi kita semua khususnya untuk Haji Fatoni dan Mustofa. menjelang bulan Ramadhan ini semoga semua diberikan pikiran yang jernih dan pikiran yang sehat dan semua warga bisa rukun kembali. Kami juga berharap kegiatan mediasi ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi warga Desa Kalirejo Kecamatan Kraton, kabupaten Pasuruan.


Kapolsek Kraton Meucapkan terima kasih kepada Haji Mustofa dan saudara Fathoni karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang luar biasa, sebagai manusia kita wajib dan dapat mengendalikan hawa nafsu apalagi kita sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan. Saling memaafkan merupakan kegiatan yang mulia, ini merupakan ajaran Nabi yang harus kita laksanakan. Perbedaan dalam penguasaan lahan itu merupakan hal yang biasa namun kita wajib mempersatukan ukhuwah islamiyah. Kegiatan mediasi ini wajib kita syukuri dikarenakan itu merupakan nikmat Allah, mudah-mudahan yang dilakukan Haji Fathoni dan saudara Mustofa yang dengan lapang dada saling memaafkan, semoga beliau berdakwah diberikan pahala yang besar.


Danramil Kraton "Kami, mengucapkan terima kasih kepada Haji Fathoni dan saudara Mustofa yang berniat tulus dari hati untuk melakukan kegiatan mediasi ini. Menjelang bulan Ramadan hendaknya kita saling bermaaf-maafan antara sesama, jangan sampai  haji Fathoni dan saudara Mustofa masih ada dendam antara masing-masing pribadi maupun keluarga besarnya setelah ini.



Kades Kalirejo berharap dengan adanya kegiatan mediasi ini. Haji Fathoni dengan saudara Mustofa tidak mengulangi kegiatan perselisihan yang telah dilakukan pada beberapa hari yang lalu, Sebelumnya kami atas nama Kepala Desa Kalirejo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Mari kita menjaga tali silaturahmi dan saling bermaafan menjelang bulan suci Ramadan ini," tutur Kades.


Solikin dari (Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan) kegiatan mediasi ini benar-benar membawa perdamaian antara Haji Fathoni dengan saudara Mustofa khususnya warga Desa Kalirejo. Mari gunakan energi yang kita punya dapat digunakan kegiatan yang positif," himbaunya.


Ustad Sirod, Hari ini kita menjadi saksi perjalanan antara kedua insan manusia dan semoga kegiatan ini diberikan catatan yang baik oleh Allah SWT. Pertemuan ini adalah sebagai bukti adalah orang-orang yang ingin mencari kebaikan, kami mohon kepada semua yang hadir pada hari ini mencatat sejarah bawah sebesar apapun konflik yang terjadi antara umat manusia dapat diselesaikan dengan cara yang baik. Harapan kami, ini sebagai momentum cara Islam yang baik untuk kedepannya dan kedua orang ini yaitu Haji Fathoni dan saudara Mustofa merupakan tokoh sejarah yang baik antara kita semua," tutupnya.



Disaat yang sama Kasi Humas Polres Pasuruan Kota AKP, Endy Purwanto "Menegaskan, intinya ke depan jangan ada lagi gesekan antara warga Kisik dan Kaligung.


Kegiatan diakhiri dengan pembacaan do'a oleh ustad Sirod dan penandatangan surat pernyataan islah/mediasi antara H. Fatoni dengan Saudara Mustofa. selama kegiatan berjalan aman dan lancar. (Humas)



Editor: Haidir Sabaruddin