Senin, 05 April 2021

UPT SPF SMPN 24 Makassar Gelar Workshop Penyusunan Soal AKM Tahun Pelajaran 2020/2021




BN Online, Makassar--UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar menggelar Workshop Asesmen Kompetensi Minimal AKM. Acara Workshop Asesmen Kompetensi Minimal AKM tahun pelajaran 2020/2021 yang diadakan, di lingkup SMPN 24 Makassar pada Senin 5 April 2021.


Dihadiri oleh guru-guru dan pegawai UPT SPF SMPN 24 Makassar dan dibuka langsung oleh Kepala sekolah Hj. Dra. Rosdiana, MM.


Ismail SPd , MPd yang diwakili Erma Yunus S.Pd selaku guru penggerak di UPT SPF SMPN 24 Makassar, Dalam sambutannya Ismail mengatakan bahwa Asesmen Kompetensi Minimum yang didasari oleh literasi dan numerasi mengajak siswa untuk bisa membaca, memahami, dan menjawab soal dengan baik. Pada tahun 2021 ini UN dan UAMBN ditiadakan, diganti dengan ujian sekolah yang kewenangannya diserahkan pada UPT SPF  SMPN 24 Makassar.



"Workshop Penyusunan Soal AKM ini untuk memberikan pencerahan dan penjelasan kepada guru-guru tentang apa itu AKM, bagaimana pelaksanaan AKM sampai pada penyusunan soal AKM," paparnya.


Lanjutnya, Ismail berharap agar seluruh guru bisa membuat soal sesuai dengan tuntutan AKM dengan memperhatikan rambu-rambu penyusunan soal.


"Sehingga siswa dapat menganalisa, memberikan jawaban, serta membuat kesimpulan yang dipahaminya dengan merujuk pada konten pelajaran dan buku-buku pokok," tukasnya.



Ditempat yang sama, Hj. Dra. Rosdiana, MM menjelaskan seluruh guru UPT SPF SMPN 24 Makassar memiliki kompetensi dalam penyusunan soal AKM, yang dibuktikan dengan tugas mandiri yang harus dikerjakan oleh seluruh guru berupa contoh soal AKM sesuai dengan mata pelajaran yang diampu yang menyangkut kemampuan menemukan informasi, kemampuan menginterpretasi data, serta kemampuan mengevaluasi.


"Pada akhir sambutannya Hj. Dra. Rosdiana, MM mengajak seluruh guru memperbaharui mindset untuk mengikuti perkembangan dunia pendidikan, jangan kaget dengan perubahan, dan hiburlah lelah dengan semangat kerja," urainya.