Jumat, 21 Mei 2021

Di Era Pandemi Covid-19, Gati Martono : Para Petani Harus Melakukan Perawatan Infrastruktur



Petani serius mengikuti program penyuluhan perawatan infrastruktur via aplikasi zoom meeting

BN Online, Pasangkayu--Petani mitra yang sejahtera selalu menjadi motivasi PT. Astra Agro dalam menjalin kerja sama dengan petani mitra binaan. Meskipun di era pandemi covid 19 saat ini kegiatan pendampingan petani terus di lakukan oleh team kemitraan PT. Astra Agro.


“Salah satu masalah di perkebunan kelapa sawit adalah dukungan infrastruktur jalan yang baik, melalui teknologi zoom meeting kami telah mengundang nara sumber yang kompeten di bidang infrastruktur dari departement teknik PT Astra Agro untuk sharing pengetahuan bagaimana mengelola infrastruktur yang baik di area perkebunan,” jelas Gati Martono selaku manager kemitraan area sulawesi yang meliputi PT. PSKY, PT.MMG, PT.LTW dan PT.LTT  baru baru ini.


Dukungan infrastruktur yang baik, bukan saja mempermudah proses evakuasi buah sawit saat panen, tetapi juga memperlancar kegiatan kegiatan yang lain. 


Oleh karena itu Gati Martono juga menyarankan agar setiap petani disiplin dengan jadwal panen dan jadwal kegiatan lainnya yang sudah di sepakati kelompok dan secara bersama sama saling mengingatkan agar kondisi infrastruktur senantiasa baik "Jika teman teman petani mitra disiplin dengan jadwal kegiatan panen dan kegiatan lainnya maka beban infrastruktur atau jalan akan lebih ringan,” tambah Gati


Gati, benar karena dengan jadwal panen yang rata per 10 hari atau per 15 hari sekali sebenarnya beban jalan hanya 2 – 3 kali dalam setiap bulannya, lain halnya jika petani mitra tidak terorganisir dan tidak memiliki jadwal kegiatan maka bisa di pastikan beban infrastruktur akan lebih berat sehingga infrastruktur cepat rusak.


“Para petani harus sadar bahwa perbaikan infrstruktur memerlukan biaya yang sangat mahal sehingga lebih baik melakukan pencegahan dan perawatan infrastruktur daripada memperbaikinya,” tutup Gati.(E.Syam)