Minggu, 07 November 2021

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Apresiasi Kanim Makassar Layani Pemohon Paspor di Hari Libur

Tags


BN Online Makassar,--Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto, Minggu (07/11) mengapresiasi Kanim Makassar layani pemohon paspor di Hari Libur atau yang biasa disebut program Kaisar Mandala (Kantor Imigrasi Makassar Melayani di Hari Libur Anda). 


Menurut Harun, ini akan meningkatkan layanan paspor Kanim Makassar karena dibuka pada saat hari libur sehingga yang sibuk pada hari kerja dapat melakukan perekaman paspor di hari libur. 


Program ini dilaksanakan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 13 Biringkanaya Daya. Kepala Kanim Makassar, Agus Winarto menyebut, Kaisar Mandala ini adalah Inovasi Layanan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kanim Makassar. Pelaksanaannya sudah dilakukan sebanyak 11 kali atau silaksanakan sekali dalam sebulan. Melalui program ini, Kanim Makassar juga sudah terbitkan sebanyak 116 Paspor. 


"Pasca dibukanya umrah dan rencana akan dibuka juga pelaksanaan Haji bagi Indonesia, pemohon paspor di Kanim Makassar meningkat sigifikan. Pada hari libur Sabtu Kemarin, Sebanyak 22 Pemohon Paspor dilayani yang terdiri dari 18 Paspor Biasa dan 4 Paspor Elektronik," Kata Kakanim Agus. 


Selain Kaisar Mandala, Kakanim Agus mengatakan bahwa pihaknya juga telah melaksanakan Eazy Paspor atau Layanan Paspor secara Jemput Bola. Selama 2021, telah dilaksanakan sebanyak 11 kali Eazy Paspor dan diterbitkan sebanyak 670 Paspor.  


"Pelaksanaan Eazy Paspor ini telah dilakukan di PT Garuda Indonesia, Kemenag Jeneponto, BPK Sulsel, Kemenag Bone, Kantor OJK, PT Passokorang, PIP Salodong, Fakultas Hukum Unhas, Kampus AMI AIPI Makassar, Kampus Duta Samudera Indonesia, dan Klinik Lacasino Makassar. Rencananya, di Bulan November ini juga akan dilaksanakan di Kampus UNM Makassar," Kata Agus. 


Menurut Agus, Kanim Makassar selama tahun 2021 periode Januari hingga Oktober telah diterbitkan sebanyak 5.687 Paspor. Selain Kaisar Mandala dan Eazy Paspor, di Kanim Makassar ada juga Layananan pengambilan paspor secara drivethru dan pengambilan paspor online yaitu Lagosi (Layanan Gojek Imigrasi). 


Bakhtiar beserta keluarga yang merupakan salah satu pemohon paspor di hari libur mengaku bahwa program ini sangat membantu mereka karena dapat melakukan permohonan paspor dihari libur. 


"Saya senang sekali karna dilayani walaupun di hari libur. Ketika di hari kerja, saya tidak berkesempatan ke Makassar untuk buat Paspor karena butuh waktu 3 sampai 4 jam,” Tuturnya.( Edhy Bidik Nasional )