Sabtu, 05 Maret 2022

Jaga Mutu Padi Babinsa Dampingi Petani Jemur Padi.

Tags

Jaga Mutu Padi Babinsa Dampingi Petani Jemur Padi.
BN Online : Takengon- Babinsa koramil 10/Celala Serda Yogi  Trimelianto membantu petani menjemur Padi  desa binaan di desa Arul Gading Kec, Celala Kab, Aceh tengah. Saptu (05/03/22).

Babinsa 10/Celala Serda Yogi  Trimelianto mengatakan “Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada pangan Nasional.

Proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan, pengeringan, penggilingan dan penyimpanan Gabah saat di panen pada tingkat kadar air sekitar 22% sampai 25% basis basah.
Gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu di keringkan hingga kadar airnya berkisar 14% basis basah.

"Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan di hasilkan ditandai dengan warna beras yang tidak bagus bisa putih Gabah dengan kadar 15% tidak mempunyai ketahanan simpan."Ucapnya".

Sementara itu (petani) Iwan (45) sangat mengapresiasi kepedulian Babinsa kepada  petani. mulai dari musim tanam padi, hingga panen.“Dengan pendampingan secara khusus oleh TNI dalam hal ini, maka semua petani lebih semangat dan memiliki pengetahuan yang baik supaya mendapat hasil yang maksimal,” tutupnya.

Editor : Riga Irawan Toni