Minggu, 15 Mei 2022

Media Online Metrorakyat.com Rayakan HUT Ke 5, Mendapat Apresiasi Dari PWI, SMSI, Kominfo Provinsi Sumut dan Kodam I/BB

Tags

Media Online Metrorakyat.com Rayakan HUT Ke 5, Mendapat Apresiasi Dari PWI, SMSI, Kominfo Provinsi Sumut dan Kodam I/BB
BN Online ; Medan | Setelah berkiprah selama lima (5)  tahun dalam penyampaian informasi termasuk berita, media Metrorakyat.com kembali merayakan Hari Ulang Tahun nya yang ke-5 Tahun. Perayaan HUT yang ke-5 Tahun media online metrorakyat.com yang sudah memiliki biro-biro dan wartawan tersebut di seluruh daerah di Indonesia ini dilangsungkan di rumah Istambul lt.2, Madani Hotel Medan, Jalan SM Raja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu, 14 Mei 2022.

Selain perayaan HUT yang ke 5 Tahun,  media online dibawah naungan PT.Metro Rakyat Kreasi (PT.MRK) ini juga melangsungkan Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Rakerda ini kata Irwan Manalu,SS yang merupakan Pimpinan Umum di Perusahaan tersebut adalah yang kali pertama dilaksanakan dan perayaan HUT ke 5 tahun media nya itu juga yang pertama dilakukan setelah 2 tahun masa Pandemi Covid-19 dan ditahun 2022 baru dapat dilaksanakan karena situasi pandemi sudah menurun.

"Memang setiap tahun, media online metrorakyat.com merayakan HUT nya meskipun tidak semeriah saat ini dan tidak ada menghadirkan nara sumber. Biasa nya hanya para wartawan saja," kata wartawan yang berunit tugas di pemerintah pemko dan pemprovsu ini.

Disampaikan Irwan Manalu lagi, berdiri dan memiliki legalitas hukum resmi sejak tahun 2018 lalu, dan saat ini PT.Metro Rakyat Kreasi dan media online www.metrorakyat.com sudah terdaftar di dewan pers dengan status terverifikasi administrasi dan faktual.

"Ini adalah suatu hasil yang ditunggu-tunggu oleh semua pemilik perusahaan media. Dan ini modal dasar agar media tersebut mampu mengembangkan sayapnya untuk berkontribusi berita dan menjalin kerjasama kepada seluruh dinas di setiap kabupaten dan kota di berbagai daerah di Indonesia", harap Wartawan yang telah memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan tingkat Madya ini saat membuka acara Perayaan HUT ke-5 Tahun dan Rakerda media Meyrorakyat.com di ruang Istambul hotel Madani Medan.

Melengkapi kata sambutan tersebut, Pemred Media Online Metrorakyat.com, Drs Jenda I Bangun mengatakan menyeluruh kepada seluruh Kabiro, biro dan wartawan yang tergabung di media online metrorakyat.com agar tetap konsisten dan menjadi wartawan yang profesional dengan pemberitahuan yang selalu mengutamakan 'KONFIRMASI', sebelum pembuatan berita.

Karena menurut wartawan senior ini, banyak isi pemberitaan itu yang menjadi masalah ketika diterbitkan atau ditayangkan dan dapat berdampak pada wartawan, redaktur, pemred dan perusahan media itu sendiri. Sebabnya karena belum adanya konfirnasi.

"Apa itu konfirmasi, ini adalah pengesahan atau ke absahan dari informasi yang akan kita tayangkan dari Nara sumber atau pihak yang akan diberitakan. Dan jangan lari dari UU No 40 Tahun 1999 serta Kode Etik Jurnalis", tegasnya.

Jenda Bangun berharap, seluruh wartawan yang tergabung di media Metrorakyat.com di seluruh daerah mampu mandiri dan profesional dalam bertugas. Menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta serta melakukan pengembangan media dengan tetap berkontribusi terhadap perusahaan. 

"Disinilah di uji kejujuran dan keterbukaan wartawan, mari kita besarkan media ini, jaga nama baiknya, jalin komunikasi baik dengan nara sumber dan berkontribusi berita dan lainnya agar perusahaan media ini dapat terus berjalan. Besarnya media, adalah juga kebesaran wartawan itu sendiri", terangnya.
 
Mewakili Komisaris, Muhammad Wisnu Abdullah pada kesempatan itu menyampaikan selamat HUT ke-5 Media Metrorakyat.com. Wisnu juga menceritakan sedikit tentang sejarah berdirinya media metrorakyat.com yang mana penuh perjuangan. "Saat itu saya melihat, bg Irwan Manalu, sangat gigih membuat bagaimana media online metrorakyat.com ini terus eksis dan bahkan meskipun banyak rintangan dia tetap gigih sehingga sampai saat ini jumlah biro dan wartawan semakin bertambah di seluruh daerah di Indonesia. Dulu ada Alm. Ayah saya selaku salah satu pendiri, namun setelah tiada, dengan gigih nya bg Irwan Manalu dan tim termasuk saya turut.(surianto)


Editor : Riga Irawan Toni