Sabtu, 07 Mei 2022

Sahabat PMI Gelar Donor Darah Beryajuk Ayo Sedekah Darah.

Tags


BN Online, Jakarta Utara - Sahabat PMI (Palang Merah Indonesia), sebuah komunitas yang mengabdikan diri dalam kegiatan kemanusiaan menggelar acara donor darah yang bertajuk Ayo Sedekah Darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Jakarta Utara, Plumpang Semper, Sabtu, 7/5/2022.

Aksi Donor Darah yang digagas Sahabat PMI ini merupakan program perdananya mengawali bulan syawal selepas Idul Fitri 1443H.


Rizal  ketua PMI Jakarta Utara dalam sambutannya mengajak masyarakat Jakarta Utara agar menjadikan donor darah ini sebagai suatu habit (kebiasan,red.).

"Saya minta untuk masyarakat Jakarta Utara, jadikan habit untuk donor darah," ujarnya.

Untuk panitia, kata Rizal, Jangan buat meme akan mendapatkan sembako (untuk pendonor) karena bisa menghilangkan keikhlasan yang berniat mendonorkan darahnya sebagai sebuah sedekah.

"Kalau anda datang ke sini untuk donor darah maka ikhlas dan tidak berpikir macam-macam, Itu yang harus kita bangun," harap Rizal yang lazim dengan nama panggilan Rizal Kobar.

Tugas sahabat PMI, kata sang aktivis dari Jakarta Utara ini, menyampaikan ke masyarakat untuk berdonor dan terkait tagline "Ayo Sedekah Darah" yang dipublikasikan Sahabat PMI ini diapresiasi olehnya.

"Buat Sahabat PMI punya ajakan yang bagus yaitu sedekah darah, gunakan terus," ujarnya, karena menurut Rizal, kalau bersedekah darah itu memberikan darahnya dengan ikhlas.

Apresiasi Rizal kepada Ketua KSOP Marunda, Sonny, yang juga salah satu pembina Sahabat PMI atas kehadirannya disertai ucapan terima kasih juga kepada ketua dewan pembina (depim) Sahabat PMI, Ian Sofyan yang juga Kepala Kesbangpol Jakarta Utara, anggota depim, wacam koja, anggota depim, lurah Rawa Badak Selatan, Suhaena, ketua dekot Jakarta Utara, Sidik, perwakilan PMI DKI Jakarta, Syarifudin serta dari kapolsek Koja.


"Terima kasih kepada teman-teman yang sudah mendonorkan darahnya," kata Rizal.

Ketua Sahabat PMI yang diwakili Cepi, menyampaikan, kita harus berbahagia kerena masih diberi kesehatan beda dengan pasien yang saat ini membutuhkan darah, semoga bermanfaat untuk mereka.


"Kegiatan donor darah yang kita lakukan hari ini adalah awal kegiatan setelah Idul Fitri," kata Cepi.


Sementara ketua dewan pembina Sahabat PMI, Ian Sofyan bersyukur karena adanya kegiatan yang bermanfaat ini dan ini kegiatan pertamanya.

Ian juga mengajak Sahabat PMI mengikuti pelatihan PMI yang akan difasilitasi olehnya.

"Kita akan perluas Sahabat PMI. Sahabat PMI ini di Jakarta Utara, kita akan lantik karena kegiatannya sudah ada. Ini merupakan perpaduan yang baik," pungkas Ian.


Ketua PMI DKI yang diwakili Syarifudin, mengapresiasi ketua PMI Jakarta Utara Rizal karena sejak usai dilantik langsung bergerak dan sudah merapikan struktur sampai ke kecamatan, serta merapikan kantor dari lantai 1 sampai 3.

PMI, lanjut Syarifudin, bukan hanya donor darah tapi kita juga membantu masyarakat yang kena bencana. Kita akan studi banding ke relawan-relawan Palang Merah di luar negeri.

"Bagi yang sudah punya kartu donor darah berarti sudah steril dari 4 penyakit, Hepatitis C, Hepatitis B, Hiv aids, Spilis,"ungkap Syarifudin.

Ketua Dewan kota, Sidik juga mengapresiasi aksi kemanusiaan ini sebagai suatu terobosan baru dengan Sedekah Darah sebagai taglinenya.

"Akan menjadi simbol sebuah terobosan, gagasan yang bagus yang akan bisa mengcover kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat donor darah dan ini digagas oleh Sahabat PMI Jakarta Utara," tutur Sidik di depan awak media ini.


Melalui sedekah darah ini, ketua Sahabat PMI, Suroto mengharapkan agar bisa lebih banyak lagi pendonor-pendonor untuk bersedekah.
"Sedekah darah ini muncul begitu saja, terinspirasi dan harapannya bisa lebih banyak pendonor," harapnya.

"Berikutnya kita akan adakan lebih besar lagi di beberapa tempat," tutup Suroto yang akrab dipanggil bang Roto ini.

Hingga kegiatan ini ditutup berhasil mendapatkan 150 kantong darah (orang).