Rabu, 29 Juni 2022

Bincang Tumbuhan Kunci Budaya Bantu Mengenalkan Gayo Serbejadi.

Tags

Bincang Tumbuhan Kunci Budaya  Bantu Mengenalkan  Gayo Serbejadi.
BN Online ; Aceh Tengah-Kegiatan perbincangan Pusat Kajian Kebudayaan Gayo kembali berlanjut. Bincang ke-19 membahas “Tumbuhan Kunci Budaya Masyarakat Gayo,” khususnya yang mendiami Serbejadi Kabupaten Aceh Timur, dengan narasumber Syahlan Faluthi, alumnus Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB). Syahlan melakukan penelitian ke Serbejadi, sejak Oktober 2020 sampai November 2021. 

“Kegiatan Bincang Tumbuhan Kunci Budaya Masyarakat Gayo ini tentu bisa membantu pengenalan Gayo Serbejadi atau Gayo Lokop. Soalnya, Gayo Serbejadi masih kurang dikenal. Selama ini, yang lebih banyak dikenal, Gayo Lut (orang Gayo yang tinggal di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah), Gayo Deret (orang Gayo yang mediami Isaq, Linge, dan masih masih masuk ke dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah) dan Gayo Belang (orang Gayo yang berdomisi di Kabupaten Aceh Tenggara dan Kabupaten Gayo Lues),” kata Hulwani Nur, S.Pd., Selasa (28/6/2022)

Dilanjutkan alumnus Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu, Bincang Tumbuhan Kunci Budaya Masyarakat Gayo Serbejadi juga bisa membandingkan tumbuhan kunci budaya di Serbejadi dengan daerah Gayo lainnya, Lut, Deret, Belang, dan Kalul. “Penamaannya dalam bahasa setempat. Perannya dalam kebudayaan masyarakat setempat, seperti untuk kuliner, obat-obatan, dan upacara adat. Apakah ada persamaan dan perbedaannya di semua daerah Gayo tadi. Apa penyebab persamaan dan perbedaannya. Tentu, ini sangat menarik,” sebut Guru SMA Modal Bangsa Arun Lhokseumawe yang berasal dari Takengon Aceh Tengah tersebut. 

Bincang “Tumbuhan Kunci Budaya Masyarakat Gayo” akan digelar secara terbuka pada Rabu malam (29/6/2022) secara daring melalui Zoom Meeting, dimulai jam 19:30-21:00 WIB, dengan moderator Yusradi Usman al-Gayoni dan MC Maghfirah Gemaseh, dan bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/82444587624?pwd=tswytB3RaHg79VN7zvpX3HJnpHi1JK.1, 
Meeting ID: 824 4458 7624, dan Passcode: 602748


Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni