Selasa, 30 Agustus 2022

17 Perpustakaan Sekolah Masuk Akreditasi Salah Satu Diantaranya UPT SPF SDN Mangkura 1 Makassar

Tags


 


BN Online, Makassar - Tahun ini jumlah Perpustakaan Sekolah di Kota Makassar yang mengikuti akreditasi sebanyak 17 Perpustakaan atau meningkat hampir 100% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 10 Perpustakaan Sekolah. Kota Makassar tahun ini juga mencatat jumlah terbanyak untuk akreditasi Perpustakaan reguler di Sulawesi Selatan. Kota Makassar 17 Perpustakaan atau 89%, Kabupaten Pangkep 1 Perpustakaan dan Kabupaten Sinjai 1 Perpustakaan. "Makassar paling banyak tahun ini yakni 17 Perpustakaan dari total 19 Perpustakaan yang mengikuti akreditasi reguler di Sul-Sel. Selain itu relaksasi yang nilainya hanya C sedangkan reguler bisa mendapatkan nilai A," ungkap Anton Alfian dari Perpustakaan Nasional RI sebagai Sub.Koordinator Wilayah 3 yang menangani akreditasi perpustakaan di Sulawesi dan Kalimantan.



Jumlah asesor yang ditugaskan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk menilai akreditasi di Sulawesi Selatan sebanyak 4 orang yakni Mustafa dari Perpustakaan Nasional, Syamsul Arif dan Andi Amriana dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sul-Sel serta Tulus Wulan Juni dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Keempat Asesor sebelum melakukan penilaian diterima langsung oleh Kadis Perpustakaan Provinsi Sul-Sel, Moh. Hasan dan Kadis Perpustakaan Kota Makassar, Tenri Apalallo di Kantor Dinas Perpustakaan Provinsi Sul-Sel, Rabu (24/08).


Kadis Perpustakaan Provinsi Sul-Sel dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan termasuk Kepala Sekolah yang telah berupaya menghadirkan perpustakaannya sesuai standar. "Target kita di Sul-Sel banyak perpustakaan yang mengikuti akreditasi. Perpustakaan kita harus nyaman, menyenangkan dan tentunya sesuai standar. Jangan sampai ke sekolah yang saya datangi pintu perpustakaan tertutup rapat dan kuncinya bingung dicari," kenang Moh. Hasan saat mengungkapkan pengalamannya.


Kadis Perpustakaan Kota Makassar yang turut hadir memberikan semangat kepada seluruh peserta akreditasi khususnya 17 Perpustakaan Sekolah dari Kota Makassar tidak bisa menyembunyikan rasa bangga dan bahagianya melihat semangat para Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan dan Pustakawan yang memenuhi tahapan asesmen. "Saya harus memberi semangat agar literasi di Kota Makassar terus meningkat apalagi Bapak Walikota Makassar sudah menargetkan akan ada 100 Sekolah Bintang Lima yang salah satu syarat dari Dinas Pendidikan Kota Makassar, Sekolahnya memiliki perpustakaan sesuai standar," terang Tenri.


Peserta Akreditasi selama 2 hari yakni pada hari Rabu dan Kamis (24-25/08 ) mengikuti penilaian dari Asesor di hari pertama verifikasi borang yakni akreditasi yang telah dikumpulkan sebelumnya dan hari kedua kunjungan/ kunjungan langsung ke Perpustakaan. Saat visitasi masing-masing asesor didamping 2 orang Pustakawan dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sul-Sel dan 2 orang Pustakawan dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Kadis Perpustakaan Kota Makassar bahkan ikut serta mendampingi Asesor ke beberapa sekolah untuk memberikan dukungan dan semangat termasuk Kepala Bidang Layanan Perpustakaan, Alih Media dan TI Dinas Perpustakaan Makassar.


Berikut ini 17 Perpustakaan Sekolah di Kota Makassar yang mengikuti Akreditasi Perpustakaan tahun 2022:

1. Perpustakaan Lagaligo SMP Negeri 4 Makassar
2. Perpustakaan Nur Seri SMP Negeri 12 Makassar
3. Perpustakaan Cipta Ilmu SMP Negeri 30 Makassar
4. Perpustakaan Agus Salim SMP Negeri 31 Makassar
5. Perpustakaan Cerdas SD Inpres Kelapa Tiga 1 Makassar

6. Perpustakaan Harapan Permai SDN Nusa Harapan Permai
7. Perpustakaan Brilliant SDN Kompleks IKIP 1 Makassar
8. Perpustakaan Samudera Ilmu SDN Sudirman IV Makassar
9. Perpustakaan Sabbara'e SD Negeri Bara-Baraya 1 Makassar
10. Perpustakaan Hasanuddin SDN Mangkura 1 Makassar

11. Perpustakaan Cerdas SD Inpres Baraya 1 Makassar
12. Perpustakaan Pelangi SD Inpres Uggulan Toddopuli Makassar
13. Perpustakaan Cemerlang SD Inpres Bertingkat Mamajang III
14. Perpustakaan Macca SD Inpres Perumnas Antang III
15. Perpustakaan Ihlas Bakti SD Inpres Mariso II Makassar

16. Perpustakaan Harindah SD Inpres Hartaco Indah Makassar
17. Perpustakaan Gudang Ilmu SD Inpres Mannuruki 1 Makassar


Asesor dari Perpustakaan Nasional RI sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Provinsi, Perpustakaan Kota sebagai pembina dan seluruh Kepala Sekolah di Kota Makassar. "Akreditasi ini dalam rangka pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan khususnya Perpustakaan di Sekolah yang sesuai dengan standar. Di Indonesia sudah ada standar perpustakaan sekolah yang harus diikuti. Alhamdulillah sekolah disini sudah mengikuti, anak-anak dapat belajar dan membaca di perpustakaan dengan baik. Pada akhirnya dapat mencerdaskan mereka dan meningkatkan mutu pendidikan," ungkap Mustafa.


Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang juga tim Asesor, Tulus Wulan Juni tidak menyangka jika tahun ini bisa lebih banyak dari tahun sebelumnya. "Alhamdulillah ini semua berkat usaha keras kita semua terkhusus kepala sekolah, guru dan tenaga perpustakaannya yang hebat-hebat dan luar biasa termasuk teman-teman Pustakawan kami dari Dinas Perpustakaan Makassar dan Tim IT yang sudah mendukung kami melalui program Sentuh Pustaka atau akronim dari Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan. Sebenarnya ada 20 Perpustakaan yang berani ikut setelah diberikan pendampingan persiapan akreditasi namun yang berani sekali hanya ada 17 Perpustakaan Sekolah," Ungkap Tulus saat dihadapan peserta akreditasi untuk melepaskan.


Perlu diketahui bahwa salah satu Perpustakaan Makassar yang berhasil dicapai akreditasi perpustakaan sekolah di Kota Makassar karena adanya program Inovasi Sentuh Pustaka dari Dinas Tahun 2021 telah mendapatkan penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB dan program pendampingan persiapan akreditasi PASTII PAS atau akronim dari Pendampingan Khusus Perpustakaan Lima Hari Persiapan Akreditasi sebagai inovasi baru 2022. Dampak dari program ini akhirnya ada 36 Perpustakaan Sekolah di Kota Makassar terakreditasi dengan rincian tahun 2020 sebanyak 9 Perpustakaan Sekolah, Tahun 2021 sebanyak 10 Perpustakaan Sekolah dan tahun ini, 2022 sebanyak 17 Perpustakaan Sekolah. (**)

Editor : Anas