Senin, 07 November 2022

Dandim 0106/Ateng Mengawasi Langsung Garjas Priodik Ke II.Tahun 2022.

Tags

Dandim 0106/Ateng Mengawasi Langsung Garjas Priodik Ke II.Tahun 2022.
BN Online ; Takengon, Dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik untuk mendukung kelancaran tugas pokok prajurit TNI dari Kodim 0106/Ateng dan PNS mengikuti kegiatan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik ke II Tahun 2022 dilapangan olah raga Musara Alun Aceh Tengah. Senin (07/11/2022).

Sebelum pelaksanaan garjas dimulai, terlebih dahulu para anggota memeriksa tensi tekanan darah yang dilaksanakan oleh tim kesehatan Kodim 0106/Ateng Setelah dinyatakan memenuhi syarat, anggota dapat mengikuti garjas selanjutnya. Pelaksanaan test kesegaran jasamani diawasi langsung oleh petugas dari Jasmani Korem 011/Lilawangsa.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, terhitung tanggal 07-08 Kegiatan samapta merupakan program dari komando atas yang bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan dan kebugaran individu Prajurit.
Adapun materi yang dilaksanakan antara lain Tes kesegaran ‘A’ lari Slama 12 menit dan tes kesegaran ‘B’ meliputi pull up, situp, pus up dan shutlle run, serta renang militer dengan gaya dada sejauh 50 meter. Dari nilai hasil keseluruhan tes Kesegaran Jasamani (samapta A+B) ini dibagi menjadi dua sehingga mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik. Anggota harus mendapatkan nilai yang maxsimal.

Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo mengatakan, tes kesegaran jasmani bagi setiap prajurit merupakan suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan dan merupakan sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam priodik, usul kenaikan pangkat dan Seldik dengan pencapaian nilai yang memenuhi kriteria menurut kategori umur prajurit, baik dalam latihan program, maupun seleksi berbagai pendidikan di lingkungan TNI.

Pembinaan dan kemampuan prajurit, khususnya bidang jasmani adalah modal dasar bagi setiap anggota TNI. selain itu juga merupakan tanggung jawab perorangan agar selalu mempertahankan dan membina kemampuannya, supaya selalu siap dalam melaksanaan tugas

Dandim berharap setiap prajurit yang melaksanakan kesegaran jasmani sesuaikan dengan ketentuan yang berlaku serta perhatikan faktor keamanan, sehingga dapat mencegah terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan akibat pelaksanaan tes kesegaran jasman” Ungkap Dandim 0106/Aceh 

Dalam kegiatan tampak hadir  Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo, Kasdim 0106/Ateng Mayor Inf Peka Aswan,  S.Or.,M.Pd.,AIFO, Para  Perwira Kofim 0106/Ateng , Bajas Rem 011/Lw Serma Matyono,  Polkes IM 09.03 Takengon Pelda yogi, dan Anggota Kodim 0106/Ateng.

Editor : Riga Irawan Toni