Minggu, 22 Januari 2023

Akibat Curah Hujan Babinsa Bantu Rumah Warga Yang Longsor.

Tags

Akibat Curah Hujan Babinsa Bantu Rumah Warga Yang Longsor.
BN Online ; Takengon- Anggota Koramil 01/ Lut Tawar Koptu Edi Syahputra turun kelapangan bantu warga korban lonsor yaitu rumah ibu Juraini (74 ) yang terletak dipinggir aliran sungai desa owak Toweren kec. Lut tawar kab. Aceh tengah.saptu (21/01/23).

Akibat curah hujan yang tinggi  arus aliran sungai naik sehingga terjadi longsor di teras rumah Ibu juraini (74) dengan kerugian diperkirakan sebesar 10 juta.

Saat kejadian anggota Koramil Koptu Edi Syahputra mendapat informasi dari warga dán melaporkan ke Komandan Koramil 01/Lut Tawar dan langsung berkordinasi dengan babinkamtibmas, BPBD Aceh tengah serta reje setempat dan masyarakat desa Owak Toweren.
Danramil 01/ lut tawar Lettu Inf Hendra Cipta setelah mendapat informasi dari anggotanya salah satu warga yang membutuhkan batuan akibat longsor karena air  sungai cukup deras.

Kemudian Danramil berkordinasi dengan intansi terkait dan memerintahkan anggotanya untuk meninjau dan memberikan pertolongan kepada warga yang teras rumahnya  longsor karena debet air yang tinggi mengakibatkan dinding pingir sungai jebol.

Lanjutnya, Kepada masyarakat dihimbau untuk membangun rumah  jangan terlalu dekat dengan aliran sungai dan tidak terlalu dekat dengan tebing karena wilayah kita ini pada umumnya adalah pegunungan rentan dengan  tanah longsor dan banjir bandang. 

" Cari tempat yang lebih aman karena kita hidup tidak sehari atau dua hari tetapi hidup sampai ke anak dan cucu, yang mendiaminya nanti" Ungkapnya.

Editor : Riga Irawan Toni