Minggu, 22 Januari 2023

Gelar Rapat Meriahkan,Koperasi Nahma Gayo Undang Ceh Legendaris Udin Musara.

Tags

Gelar Rapat Meriahkan,Koperasi Nahma Gayo Undang Ceh Legendaris Udin Musara.
BN Online ; Aceh Tengah-Didong, salah satu kesenian tradisional Gayo, akan meriahkan Rapat Anggota Koperasi Nahma Gayo yang digelar hari Minggu besok (22/1/2023), mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore, di Pendopo Kempa I Buperta Cibubur Jakarta Timur. “InsyaAllah akan dimeriahkan dengan pertunjukan didong, didong rawan dan didong banan. Didong banan, sudah mulai Latihan, dengan cehnya, Ibu Hunaini dan apit, Ibu Rahmawati,” kata Amiruddin, Ketua Seksi Acara Rapat Kerja Koperasi Nahma Gayo, Sabtu (21/1/2023) 

Didong rawan sendiri, ungkap Amir, akan diisi oleh ceh sepuh Musara Bintang, Djamaluddin Meri yang di kalangan masyarakat Gayo dikenal dengan Udin Musara, dengan apit Muda Remaya. Juga, Hasyimi, yang berasal dari Kung Pegasing yang terkenal dengan kelop Kemara. “Tanggal 25 Desember 2022 yang lalu, saat pembentukan Koperasi Nahma Gayo, kedua ceh tadi, dengan apit-nya, sempat tampil di hadapan seratusan anggota Koperasi Nahma Gayo yang hadir,” sebutnya. 

Dilanjutkan Amiruddin, Rapat Anggota Koperasi Nahma Gayo akan membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART). Di samping itu, membahas Rencana Anggaran, Pendapatan, Biaya dan Kegiatan (RAPBK). “Termasuk, pengesahan pengurus, penyampaian program kerja dari masing-masing unit, mulai Unit Penguatan Modal, Unit Serba Usaha, sampai Unit Jasa. Lalu, laporan keuangan dan laporan kesekretariatan. Kegiatan tadi masuk Pleno I dan Pleno II,” beber Amir. 

Di luar itu (Pleno III), jelasnya, akan membahas kegiatan di luar program kerja, seperti penguatan kegiatan sosial, agama, generasi muda, pendidikan, dan seni budaya. Masukan-masukan dari anggota Koperasi Nahma Gayo dan tindak lanjutnya. Pleno I sampai Pleno III langsung dipimpin Ketua Umum Koperasi Nahma Gayo, Pak Yusradi Usman al-Gayoni dan Wakil Ketua Umum I Pak Satya Teruna,” ujarnya. 

Sesuai tema Rapat Anggota, aku Amir, “Dengan Koperasi, Kita Raih Kehidupan yang Cemerlang,” keberadaan Koperasi Nahma Gayo diharapkan bisa menguatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan “alang tulung beret bebantu (tolong menolong, saling membantu)” anggota, masyarakat banyak, dan bangsa. “Dengan penguatan ekonomi, hidup kita bisa lebih baik. Kegiatan lain pun dengan mudah bisa diperkuat. Keberadaan koperasi pun bisa dirasakan secara nyata manfaatnya buat kemajuan bersama,” tegas Amiruddin.

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni