Rabu, 11 Oktober 2023

Kapolres Aceh Tengah Buka Seleksi Duta Kamtibmas tingkat SMA/K Kabupaten Aceh Tengah Thn 2023

Tags

Kapolres Aceh Tengah Buka Seleksi Duta Kamtibmas tingkat SMA/K Kabupaten Aceh Tengah Thn 2023
BN Online ; Takengon - Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, membuka kegiatan Seleksi Duta Pelajar Kamtibmas yang di selenggarakan oleh Polres Aceh Tengah Polda Aceh berkerjasama dengan Dinas Pendidikan Aceh Tengah, Di Aula Cabang Dinas Kabupaten Aceh Tengah. Selas (10/10/23). 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tengah, Kasat Binmas Polres Aceh Tengah, Panitia pelaksana, Para kepala SMA/mewakili dan Para Kepala SMK Se-aceh Tengah, dan para Siswa/i peserta seleksi duta pelajar Kamtibmas tahun 2023.

Kegiatan seleksi ini diikuti 25 SMA/K se-Kabupaten Aceh Tengah, yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari.

Adapun materi/tema yang di perlombakan diantaranya adalah tentang Narkoba, Wawasan kebangsaan, Tertib lalu lintas, Indospliner dan Kekerasan di lingkungan sekolah dan Penyalahgunaan IT/Medsos.

Dalam sambutannya di pembukaan kegiatan itu, Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas, khususnya dikalangan seluruh pelajar.

Kita harus banyak bersyukur kepada dewan guru, dulu saya juga seorang siswa seperti adek adek, sekarang jadi Polisi, ini berkat jasa dari bapak/ibu guru" ujar AKBP Dody. 

Lanjut AKBP Dody, melalui kegiatan ini akan bisa melatih para pelajar untuk ikut berperan serta dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi di kehidupan sosial masyarakat yang bebas dari gangguan Kamtibmas dan bentuk gangguan keamanan lainnya,” kata AKBP Dody. 

Kegiatan Seleksi Duta Pelajar Kamtibmas merupakan langkah awal untuk membentuk karakter pelajar yang berwawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme dilingkungan sekolah dan tempat tinggal mereka masing-masing. 

Dengan adanya kegiatan ini, nantinya akan ada peran serta pelajar dalam menjaga dan memelihara kamtibmas dan ini juga sebagai bentuk sosialisasi serta pembinaan tugas-tugas kepolisian dalam menjaga dan memelihara kamtibmas. 

Bahwa pemilihan duta Kamtibmas merupakan kegiatan yang sangat baik dalam mensosialisasikan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat" Pungkasnya. 

Dalam penutupan seleksi duta kamtibmas diikuti oleh Kasat Binmas Akp Akhir Harsa hingga kegiatan selesai pukul 18.00 Wib. 

Adapun pemenang hasil lomba Duta Kamtibmas pelajar tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2023 tersebut, Juara 1 di raih oleh SMA N 1 Takengon, Juara 2 di raih oleh  SMK N 1 Takengon dan Juara 3 di raih oleh SMK Dedingin 1001 Takengon. 

Harapan 1 di raih oleh SMA N 4 Takengon, Harapan 2 di raih oleh SMA N 8 Takengon dan Harapan 3 di raih oleh SMA N 15 Takengon. 

Masing-masing peraih juara diberikan hadiah berupa thropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan" pungkas Kasat Binmas Akp Akhir Harsa dalam releasenya, Rabu (11/10/23).

Aharuddin,
Editor : Riga Irawan Toni