Rabu, 21 Februari 2024

SD Hang Tuah Peringati Hari Peduli Sampah Nasional dengan Tema "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif"


BN Online, Makassar -- Pada tanggal 21 Februari 2024, SD Hang Tuah dengan antusias memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan tema yang relevan, yaitu "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif". Sejumlah kegiatan telah dilakukan dalam rangka menciptakan kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam mengatasi masalah sampah plastik, antara lain:



1. Pembersihan Lingkungan Sekolah

SD Hang Tuah melakukan pembersihan di area lingkungan sekolah, khususnya di kompleks TNI-Al Dewakang, tepatnya di RW 03, RT 02, dan RT 03 Kelurahan Totaka. Langkah ini bertujuan untuk memberikan contoh konkret tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.


2. Penyuluhan Pengelolaan Sampah Plastik

Melalui kegiatan ini, para peserta didik dan warga RW 04 Kelurahan Totaka Kompleks TNI-Al Dewakang mendapatkan penyuluhan tentang pengelolaan sampah plastik. Selain itu, peserta didik juga memberikan orasi tentang penanganan sampah di depan sekolah, sambil membagikan stiker Hari Peduli Sampah kepada masyarakat yang melintas di depan sekolah.


3. Penyuluhan kepada Sekolah Lain

Guru dan siswa SD Hang Tuah tak hanya memberikan penyuluhan di lingkungan sekolah sendiri, namun juga melaksanakan kegiatan serupa kepada peserta didik SDI Bertingkat Tabaringan 1 dan SDN Tabaringan 5 tentang pengelolaan sampah plastik.



Kepala UPT SD Hang Tuah, Arpin S.Pd.,M.Pd, menegaskan pentingnya pendidikan dan kesadaran lingkungan sejak dini. 


"Kegiatan ini kami laksanakan sebagai langkah konkrit dan kolaboratif dalam upaya mengatasi permasalahan sampah plastik yang semakin meresahkan. Kami para pendidik di SD Hang Tuah akan terus memberikan edukasi kepada anak-anak sejak dini dan berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menginspirasi masyarakat sekitar untuk turut serta dalam gerakan peduli lingkungan," tutur Arpin, menutup diskusi dengan awak media BN Online. (Andi Achy)


Editor; Dellate