Jumat, 01 Maret 2024

Dr.Surianto Bersama Tim Divisi Pas Kanwil Sul - Sel Lakukan Sidak di Rutan Bantaeng, Hasilnya Nihil

Tags


BN Online Bantaeng,-- Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Barang dan Keamanan Kanwil Sul-Sel Dr. Surianto kunjungi Rutan Kelas IIB Bantaeng.


Dalam kunjungannya,Dr.Surianto bersama tim Divisi Pas Kanwil Sul - Sel ini, dalam rangka melakukan sidak ( Inspeksi Mendadak ) ke dalam blok hunian WBP, sekaligus memberikan penguatan terkait tugas dan fungsi petugas pemasyarakatan dalam melakukan deteksi dini terhadap gangguan kamtib dan memetakan potensi-potensi risiko melalui manajemen risiko.Kegiatan Sidak ini berlangsung dua hari,di mulai dari hari Kamis 29 Februari sampai Jum'at 1 Maret 2024.


Kegiatan Sidak ke dalam Blok Hunian dilakukan pada kamis malam pukul 20.00 Wita yang terdiri dari gabungan personil Tim Satgas Kamtib Rutan Bantaeng dan Tim Divisi Pas Kantor Wilayah, kegiatan dimulai dengan Pengarahan Bapak Surianto yang menekankan untuk mengedepankan sikap humanis dalam melaksanakan penggeledahan, penggeledahan dilakukan masing-masing 1 kamar tiap blok termasuk blok Wanita, dari hasil penggeledahan tidak ditemukan barang-barang terlarang dan kegiatan berlangsung dengan kondusif. 


Kegiatan Pengarahan oleh Kepala Bidang PelayananTahanan, Perawatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Barang dan Keamanan Kanwil Sul-Sel dilakukan pada Jumat pagi Pukul 10.00 Wita. Yang dihadiri oleh jajaran staf dan pengamanan Rutan Bantaeng. 


Menurut Dr. Surianto mengatakan bahwa," Pentingnya memetakan antara Risiko dan Problem, kalau problem adalah sesuatu yang dapat dicarikan solusinya sehingga ketika solusi sudah ada maka problem selesai. Sedangan Risiko adalah sesuatu yang mutlak terjadi sehingga perlu dibuatkan mitigasinya untuk mengelola Risiko tersebut agar dapat diminimalisir melalui skema Manajemen Risiko".Ucap Dr.Surianto.


Lebih lanjut Dr. Surianto, mengapresiasi jajaran Rutan Bantaeng yang menurut analisanya telah terjalin komuniasi yang harmonis antara pimpinan dan bawahan, membangun komunikasi yang baik kepada seluruh jajaran adalah hal yang penting dalam pelaksanaan tugas kita sehari - hari,untuk memastikan tugas dan fungsi kita berjalan sebagaimana mestinya, dan saya melihat pak Ka Rutan Bantaeng telah melakukan itu, buktinya Rutan Bantaeng telah memperoleh Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi, ini adalah hal yang prestisius dan harus dipertahankan".Terangnya 


Terpisah Kepal Rutan Kelas IIB Bantaeng Ince Muh Rizal," Kami sangat berterima kasih atas kunjungan ini, ini menandakan bahwa Kantor Wilayah sangat perhatian terhadap Rutan Bantaeng, kami sangat welcome terhadap kegiatan ini, karena akan menjadi quality control kami dari kantor wilayah dan Alhamdulillah hasil sidak tidak ditemukan barang-barang terlarang yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban didalam Rutan Bantaeng".


Ini membuktikan,Kata Ince Dg.Dijaya sapaan akrabnya ," Komitmen kami seluruh jajaran Rutan Bantaeng untuk senantiasa melaksanaan SOP dalam pelaksanaan tugas sehari-hari serta senantiasa melakukan deteksi dini terhadap petensi-potensi gangguan kamtib sehingga, Alhamdulillah Rutan Bantaeng senantiasa berada dalam suasana yang aman dan kondusif".Ungkapnya.


"Ince Muh Rizal,pun juga berterima kasih kepada Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Barang dan Keamanan Kanwil Sul-Sel Dr. SURIANTO atas pengarahan yang diberikan, yang menurutnya serasa mendapatkan kuliah 4 SKS. Kami berterima kasih atas pengarahan yang diberikan oleh Pak Kabid yang sangat berkesan, serasa sedang Kuliah 4 SKS"pungkasnya.


Editor Edhy Bidik Nasional