Senin, 25 Maret 2024

Kegiatan Pesantren Kilat di Sekolah UPT SPF SD Inpres Mariso II Kota Makassar


BN Online | Makassar, 25 Maret 2024 - Sekolah UPT SPF SD Inpres Mariso II Kota Makassar menggelar Kegiatan Pesantren Kilat yang bertujuan untuk memberi ruang bagi anak-anak agar terbiasa dalam menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat.



Kepala Sekolah, Eli Elliyani, S.Pd., M.Si, menjelaskan bahwa melalui pesantren kilat ini, para siswa dididik untuk memiliki akhlak dan kepribadian yang sholeh dan berprestasi. 


"Melalui kegiatan ini, kami mendidik putra-putri kita dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk anak, agar mereka menjadi pribadi yang sholeh-sholehah, berprestasi, sopan santun, dan berkarakter unggul," ujarnya.


Guru penanggung jawab dalam kegiatan ini adalah, Iin Andriani, S.Pd.I dan Nurhayati Syam, S.Pd. Kegiatan Pesantren Kilat berlangsung mulai tanggal 19 Maret 2024 hingga 22 Maret 2024, dari jam 07:30 hingga 11:30 di Ruang Kelas.


Pesantren kilat, yang biasanya digelar selama Bulan Ramadhan, merupakan kegiatan pesantren yang diadakan dalam kurun waktu singkat. Melalui kegiatan ini, peserta dapat belajar untuk menjalankan ibadah puasa dengan tepat, mendapatkan ilmu agama dan karakter, serta menghindarkan diri dari hal-hal kurang bermanfaat seperti bermain handphone atau menonton televisi.


Selama kegiatan, diadakan berbagai lomba antar kelas, seperti lomba adzan, praktek sholat dan bacaan, serta hafal doa harian dan surah pendek. Pada hari terakhir, dilakukan acara berbuka bersama yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru, staf, siswa, mahasiswa kampus mengajar, dan mahasiswa PPG. Kegiatan ini didukung oleh sponsor Yudistira dan Yupi.


Dengan adanya kegiatan Pesantren Kilat di Sekolah UPT SPF SD Inpres Mariso II Kota Makassar, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan ibadah puasa serta nilai-nilai agama pada generasi muda. (Andi Achy)


Editor: Dellate